Asyiknya Manfaatkan Game di Kelas

itnmalangnews.id – Maraknya penggunaan internet dewasa ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung perkuliahan, khususnya dalam penyampaian materi kuliah. Ada berbagai metode, contohnya adalah dengan memaksimalkan aplikasi dan game edukatif di kelas.

Spada ITN Malang Asyiknya Manfaatkan Game di Kelas

Baca juga: www.itn.ac.id

Rangga Firdaus, S.Kom,M.Kom dari Universitas Lampung memberi contoh pemanfaatan kuis daring. Cara ini dianggap akan menghadirkan warna baru dan tidak membosankan. “Misalnya pakai kuis online. Sarana sudah ada, tapi yang penting soalnya. Internet memang menyediakan berbagai referensi, tapi jangan asal copas (copy paste),” pesan Rangga, Jumat (29/11).

Keuntungan kuis daring tidak berhenti di situ. Batasan waktu menjawab terhitung dalam detik sehingga mahasiswa tidak akan menoleh ke kanan kiri. Pada sejumlah kuis, soal antar orang bisa diacak baik nomor maupun pilihan jawabannya. Jawaban per soal bisa dilihat siapa saja yang benar, salah, tidak menjawab, serta soal paling sulit. Data bisa langsung masuk ke sistem, bahkan bisa diemailkan ke orang tua/wali.

Menurut Rangga, pemanfaatan teknologi harus terus dikembangkan sebab kelak e-learning merupakan hal biasa. Hal yang perlu ditekankan adalah tidak mutlak bergantung pada teknologi. “Teknologi penting tapi bukan segalanya. Kekuatan Learning Management System bukan tools-nya, tetapi konten. Namun untuk ke sana tiga elemen yang harus disiapkan adalah dosen, infrastruktur, dan regulasi,” tegas Rangga di Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring (Spada) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Baca juga: Butuh Tenaga Ahli Bersertifikasi, Pemerintah Harapkan Banyak Lahir dari ITN Malang

Baca juga: Ketua LP3AI: Lulusan ITN Malang Harus Berpengetahuan, Terampil dan Miliki Attitude Baik

Tim Spada Belmawa ini melanjutkan jika dari 4000-an kampus baru 700-an yang bekerja memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, selebihnya belum memulai e-learning. Padahal di era yang akan datang, e-learning diproyeksikan menjadi budaya pendidikan. ITN Malang sendiri sudah memiliki e-learning sejak 2009 dan kini meningkatkannya dengan Spada ITN Malang. (ata)

(Visited 359 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *