Bupati dan LLDIKTI Bahas Potensi Malang Raya Menjadi Ibukota Provinsi

itnmalangnews.id – Ketika peresmian Monumental Gate Kampus 2 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, terungkap pula sebuah gagasan. Malang berpotensi besar di masa depan, bahkan ada kemungkinan menjadi ibu kota provinsi. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VII Prof.Dr.Ir. Suprapto, Kamis (17/10).

Bupati dan LLDIKTI Bahas Potensi Malang Raya Menjadi Ibukota Provinsi


Baca juga: www.itn.ac.id

“Malang memiliki potensi yang besar, termasuk potensi menggantikan Surabaya di kemudian hari. Ada kajian akademiknya sejak belasan tahun lalu. Geliat dinamika pendidikan dan perekonomian Malang semakin besar di tahun-tahun mendatang. Saya lihat juga banyak peran dari komunitas di Malang,” ujar Suprapto dalam sambutannya.

Selaras dengan pernyataan Suprapto, Bupati Malang Drs. HM Sanusi, MM menyampaikan bahwa Gubernur Jawa Timur beranggapan serupa. Rencana-rencana pengembangan Malang Raya mulai dijalankan, baik di level provinsi atau kabupaten/kota. “Bu Khofifah juga melihat potensi Malang Raya, beliau menyampaikannya saat rapat kepala daerah. Ternyata di sini (ITN Malang) saya mendengarkan opini senada dari LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur,” ungkap Sanusi.

Selain potensi dari segi sumber daya manusia, Malang memiliki berbagai fasilitas berkelas pusat maupun dapat dikembangkan ke arah sana. Untuk wilayahnya sedang proses pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari. Dari 283 titik yang ditetapkan, baru sekitar 120 yang rampung. Di Malang Raya pun direncanakan ada 10 wisata nasional.

Baca juga: Mahasiswa Teknik Mesin Ramai-ramai Pasang Papan Nama Wisata Pakis Suceng

Baca juga: Berhenti Eksploitasi Alam ! Himakpa Bentangkan Spanduk 20 Meter di Semeru

Tiga pemimpin Malang Raya sepakat untuk meningkatkan sinergi, contohnya dalam rencana infrastruktur dan jalur transportasi. Kabupaten kebagian tugas menyiapkan terminal pariwisata. “Kota Malang dan Batu minta disiapkan terminal wisata. Nanti bus pariwisata tidak boleh masuk, tapi langsung ke terminal. Alat transportasi dari terminal belum dipastikan, wali kota ingin cable car, Gubernur ingin ada sky train,” jelas Sanusi kemudian.

Perguruan Tinggi tidak mau ketinggalan perkembangan daerah. Mereka melebarkan sayap ke Kabupaten Malang. Salah satunya adalah ITN Malang yang Kampus 2 nya terdapat di Karangploso, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. (ata)

(Visited 554 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *