Monumental Gate, Wajah Baru Kampus Biru ITN Malang

itnmalangnews.id – Berawal dari peletakan batu pertama pada bulan Mei 2019 lalu, kini gerbang baru Kampus 2 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang rampung sudah. Bangunan bernama Monumental Gate ITN Malang ini diresmikan langsung oleh Bupati Malang Drs. HM Sanusi, MM.

Monumental Gate, Wajah Baru Kampus Biru ITN MalangPeresmian: (ki-ka) Ketua P2PUTN Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT, Kepala LLDIKTI Wilayah VII Provinsi Jawa Timur Prof.Dr.Ir. Soeprapto, DEA, Rektor ITN Malang Dr.Ir. Kustamar, MT, Bupati Malang Drs.HM Sanusi, MM., dan Gus Zain. (Foto: Yanuar/ Humas ITN Malang)


Baca juga: www.itn.ac.id

“Gerbang ibarat wajah kampus. Kalau wujudnya kurang menarik meski isinya bagus tapi kerap gak dilirik. Selamat dan sukses, mudah-mudahan monumental gate membuat ITN tambah maju dan dikenal,” tukas Sanusi, Kamis (17/10).

Terkait monumental gate, Ketua Yayasan P2PUTN (Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional) Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT menceritakan proses pembuatannya. Gerbang didesain sendiri oleh sivitas akademika ITN Malang.

“Dalam membuatnya, kami berkolaboras dengani tiap prodi. Kolaborasi tidak sekadar perencanaan bentuk bangunan, tetapi juga bagaimana penataan dan teknologi yang diterapkan,” jelas Kartiko.

Monumental Gate ITN Malang didominasi oleh empat warna, yaitu merah (warna keberanian), putih (warna kesucian), biru (warna keagungan), dan kuning (warna semangat). Bentuk besarnya adalah layar-layar segitiga yang ditopang dengan empat pilar. Segitiga mewakili tri dharma, layar menunjukkan perkembangan ITN Malang untuk maju dan berprestasi. Empat pilar mewakili empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Monumental Gate Kampus 2 ITN Malang sebagai icon baru Kampus Biru

Monumental Gate ITN Malang


Gerbang ini terangkai dari rangka baja. Logam tersebut dipilih sebab merupakan cermin kekokohan dan tidak mudah rapuh. Rangka segitiga diberi kaca alih-alih tembok. Tujuannya menunjukkan keterbukaan ITN Malang layaknya kaca yang transparan. Di samping gerbang, terdapat gedung serbaguna untuk memamerkan karya ITN Malang.

Baca juga: ITN Malang akan Miliki Ikon Baru Berkonsep Milenial, Moderen, dan Kekinian

Baca juga: 50 Tahun ITN Malang Siap Masuki Gerbang World Class University

“Harapannya, gerbang ini menjadi ikon ITN Malang dan Kabupaten Malang. Setelah ini disusul dengan memaksimalkan fungsi gedung serbaguna. Jika bisa mengundang banyak investor, perekonomian warga sekitar akan ikut meningkat,” kata Rektor ITN Malang Dr.Ir. Kustamar, MT.

Acara peresmian Monumental Gate ITN Malang juga dihadiri oleh Koordinator LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, rektor kampus lain, dan warga sekitar. Perwakilan warga yang hadir adalah pejabat desa dan aparat keamanan. Selepas peresmian, rektor beserta undangan mengunjungi gedung serbaguna. (ata)

(Visited 1,224 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *