Perjuangan Wisudawan Bidikmisi Menggapai Mimpi

itnmalangnews.id – Mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memiliki latar belakang dan impian beragam. Di antara banyak mahasiswa tersebut terdapat segelintir mahasiswa beasiswa Bidikmisi. Beasiswa ini ditujukan untuk calon mahasiswa berprestasi yang kurang beruntung secara ekonomi.

Perjuangan Wisudawan Bidikmisi Menggapai Mimpi

Baca juga: www.itn.ac.id

Wisuda ke-63 Periode 1 tahun 2020 turut mengukuhkan mahasiswa-mahasiswa Bidikmisi yang lulus cepat. Rata-rata mereka memiliki Indeks Prestasi Kumulatif tinggi, bahkan ada yang menjadi wisudawan terbaik di program studi. Mereka adalah Dian Roby Sugara (Wisudawan Terbaik Teknik Sipil S-1) dan Elkana Krispamuji (Wisudawan Terbaik Teknik Mesin S-1).

“Saya memang anak desa tapi punya cita-cita tinggi. Ketika ekonomi sedang terpuruk, ada kesempatan untuk kuliah di ITN Malang dengan beasiswa Bidikmisi. Mulai saya masuk sampai wisuda ini bebas biaya,” beber Roby memberikan testimoni saat wisuda, Sabtu (14/03/2020).

Roby adalah anak driver ojek online. Tiap kuliah Roby harus pulang pergi dari rumahnya di Sumbersuko, Wagir, Kabupaten Malang. Meski perjalanan membutuhkan waktu lama dan melelahkan, kuliahnya berjalan lancar. Ia pun meraih prestasi sebagai Juara 2 Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB) di Universitas Petra tahun 2019.

Lain Roby, lain Elkana. Putri keluarga petani ini berusaha mencari beasiswa melanjutkan studi sejak ayahnya kecelakaan. Selama di ITN Malang, ia berusaha mencari tambahan uang sendiri di luar Bidikmisi dengan membuka jasa gambar sampai mengikuti proyek dosen. Selama tidak terdesak, ia tidak ingin meminta uang pada orang tua. Setelah lulus, ia ingin bekerja dahulu untuk membantu perekonomian keluarga.

“Sering sih saat kuliah tidak punya uang, tapi tidak perlu mengeluh atau berdrama dalam menyikapi keadaan. Puji Tuhan, ada saja jalannya. Buat saya selama ada makanan, baju, dan tempat untuk tidur sudah cukup. Saya berterima kasih pada semua pihak yang mendukung selama ini,” ceritanya ketika ditemui sebelum prosesi wisuda. (ata)

(Visited 565 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *