Kepala LLDIKTI Wilayah 7 Jawa Timur Banggakan Wisudawan ITN Malang

itnmalangnews.id – “Saya sangat bangga dengan kalian para wisudawan. Saudara-saudara adalah bagian penting dari bangsa ini. Anda lulus dari salah satu perguruan tinggi terbaik. Masyarakat sudah menanti partisipasi Anda semua,” ungkap Prof. Dr. Ir. Suprapto DEA, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 7 Jawa Timur di Wisuda ke-63 Periode I Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Sabtu (14/03/2020).

Naik 23 Peringkat, ITN Malang Kini Targetkan Masuk 50 Besar

Baca juga: www.itn.ac.id

Berdasarkan data dari LLDIKTI Wilayah 7, ITN Malang termasuk peringkat atas. Dari sekitar 20 institut swasta di Jawa Timur, ITN Malang selalu ranking dua besar. Dari kisaran 330 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur, posisi terbaru ITN Malang di ranking 16. Bahkan, dari 3.486 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia, ITN Malang menduduki ranking 56.

Suprapto pun yakin 320 wisudawan yang dilepas hari ini akan memiliki masa depan gemilang. Belajar di ITN Malang saja sudah sarat manfaat jika dilaksanakan sebaik-baiknya. “Karena Anda diluluskan dari perguruan tinggi top di Jawa Timur, Anda mungkin tidak perlu menunggu pekerjaan. Saya bisa berkata demikian sebab pekerjaan yang akan menunggu Anda,” cetusnya.

Terhadap para wisudawan, Kepala LLDIKTI Wilayah 7 ini memberi sebuah pesan. Ia menganggap hard skill lulusan ITN Malang tak perlu diragukan lagi, tetapi di era sekarang hard skill saja belum cukup. Ada minimal empat soft skill yang harus dimiliki dan diasah.

Baca juga: Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jatim: Raport ITN Malang Naik, Tempati Rangking Pertama PTS Kategori Institut

Baca juga: Koordinator Kopertis Wilayah VII: Lulusan ITN Malang Berkompeten dan Layak Diapresiasi

“Kita sudah hidup di era Revolusi Industri 4.0. Soft skill memegang peranan besar bagi Sumber Daya Manusia. Paling tidak ada 4C yang harus dimiliki seseorang, antara lain critical thinking, creativity, communication, dan colaboration,” pesan Suprapto.

Berpikir kritis menyangkut kapabilitas untuk bersikap rasional tentang apa yang harus dilakukan atau hendak diyakini. Kreativitas berhubungan dengan penciptaan gagasan. Komunikasi dan kolaborasi mutlak diperlukan sebab seseorang tidak akan bekerja sendiri serta pasti banyak berinteraksi dengan pihak lain. (ata)

(Visited 436 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *