Budayakan Keselamatan Kerja, Himpunan Mahasiswa D-3 Listrik Adakan Kuliah Tamu

itnmalangnews.id – Membudayakan keselamatan kerja, khususnya di bidang kelistrikan bukanlah hal sepele. Tanpa ilmu dan pengalaman mumpuni, janganlah sekali-kali anda bermain dengan tegangan listrik. Oleh sebab itu, Himpunan Mahasiswa D-3 Listrik (HMTL) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengadakan kuliah tamu “Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K-3) di kampus II ITN Malang, beberapa waktu yang lalu.

Budayakan-Keselamatan-Kerja-Himpunan-Mahasiswa-D-3-Listrik-Adakan-Kuliah-Tamu

“Kecelakaan listrik bisa terjadi tanpa diduga, bahkan dalam hitungan detik dan resikonya adalah nyawa. Mahasiswa kelistrikan dituntut untuk menjadi ‘dokter spesialis’ yang bisa melakukan pencegahan dan penanganan kecelakaan,” papar Romadhoni Muhammad, panitia acara sekaligus Ketua Demisioner HML D-3 Kelistrikan.

Kecelakaan listrik bisa disebabkan karena beberapa indikator, salah satunya adalah adanya kerusakan pada peralatan listrik, kebakaran akibat hubungan arus pendek, dan terkena setrum akibat sentuhan instalasi kabel listrik yang dibiarkan terbuka.

Gallery terkait: Safety First: Himpunan Mahasiswa Teknik Listrik D-3 ITN Malang Adakan Kuliah Tamu K3

Selaku pemateri, Stevanus Septian Vicky P. ST., mengutarakan kepada seluruh peserta agar terlebih dahulu memahami prosedur dan ruang lingkup kerjanya. Setelah itu baru mempersiapkan  alat-alat keselamatan kerja seperti, sarung tangan,  full body harness, kacamata, dan sabuk pengaman.

Baca juga: Alumni ITN Malang Ajari Mahasiswa Teknik Mesin Manajemen Perbengkelan

“Untuk masyarakat umum, utamanya yang tidak memiliki peralatan K-3, usahakan agar selalu waspada dan menghindari kontak langsung dengan instalasi kabel, baik yang rusak total atau sekedar terkelupas,” kata Stevanus, yang juga alumni ITN Malang ini. Kini ia tengah bekerja di bidang Sertifikasi, Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK-3) Malang. (mus)

(Visited 167 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *