Seminar Process Safety Management :“Quantitative Risk Management” in Oil and Gas

itnmalangnews.id – Berkarir dalam bidang minyak dan gas (oil and gas) merupakan profesi langka yang banyak digandrungi oleh para alumni khususnya Teknik Kimia. Salary yang menjanjikan merupakan penghargaan atas kemampuan mereka dalam hal berhitung. Hal inilah yang disampaikan keynote speakerRoslinormansyah ST.,MT, dalam Seminar Process Safety Management “Quantitative Risk Management” (QRM) in Oil and Gas. Seminar diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) ITN Malang di Kampus I, Sabtu (28/5).

Seminar Process Safety Management “Quantitative Risk Management” QRM in Oil and Gas

Alumni Teknik Kimia ITN Malang ini juga menerangkan bahwa ledakan yang berbahaya ada dua hal, energi ledakannya sendiri dan proyektilnya. Bahan kimia radius ledaknya sampai dimana, inilah yang perlu perhitungan. “Process safety bertumpu pada keilmuan Teknik Kimia. Kalau ingin bekerja dengan bahan kimia maka perlu mengenal sifat-sifat bahan kimia tersebut,” ujar Rosli di hadapan lebih dari 50 peserta mahasiswa ITN Malang dan mahasiswa umum. Maka tak heran bila dalamQuantitative Risk Management (QRM) banyak menggunakan perhitungan dalam aplikasinya.

“Pada Quantitative Risk Management (QRM), intinya mencegah bahan kimia agar tidak keluar dari wadahnya. Dan inilah yang sekarang kita pelajari,” imbuh pria yang pernah berkecimpung pada consultan Health Safety and Environment (HSE) Manager PT. Halliburton Indonesia.

Sebagai pendiri PT. Nautama Solusi Istama bergerak dalam konsultan pelatihan assessment  dibidang K3 (di dalamnya oil and gas) Roslinormansyah menjelaskan materi Oil and Gas (ONG) belum banyak digunakan dalam perguruan tinggi. Belum adanya lembaga yang memiliki ONG membuat industri kesulitan mencari patner kala membutuhkan. Ini merupakan potensi ITN Malang untuk mengembangkan pusat kajian keselamatan proses (Process Safety Management). Yang mana bisa menjadi tempat rujukan sekolah disaat perusahaan ingin memberikan pendidikan pada karyawannya tentang keselamatan proses. Sekaligus merupakan potensi yang besar bagi mahasiswa ITN Malang masuk ke dunia kerja. Hal ini disampaikan pada itnmalangnews.id disela-sela rehat pada waktu acara seminar.(sar)

(Visited 235 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *