Mahasiswa Teknik Kimia Ajarkan Warga Sumbermulyo Membuat Permen Susu

itnmalangnews.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mempunyai program kerja bernama Sambang Deso dalam rangka HMTK Mengabdi. Tahun ini, kegiatan dilaksanakan di Dusun Sumbermulyo, Desa Madiredo, 29 Februari 2020. Di sana mayoritas warga melihara sapi. Hewan tersebut dipelihara untuk dimanfaatkan susunya.

Mahasiswa Teknik Kimia Ajarkan Warga Sumbermulyo Membuat Permen Susu

Pelatihan mengolah susu menjadi permen. (Foto: HMTK ITN Malang)


Baca juga: www.itn.ac.id

“Kami berinisiatif supaya susu yang diproduksi tiap harinya bisa diolah menjadi produk bernilai jual lebih tinggi. Oleh sebab itu, kami juga bekerja sama dengan Asisten Laboratorium Teknologi Bahan Makanan serta arahan dari Dra. Siswi Astuti, M.Pd. Kami mengajar warga untuk mengolah susu menjdi permen,” tutur Amin Imam, salah satu panitia.

Amin menyebutkan jika pengolahan susu menjadi permen mampu dijadikan opsi menambah penghasilan. Pengolahan susu menjadi permen tidak hanya meningkatkan nilai jual, tetapi juga memperlama daya tahan produk. Ia menceritakan kalau warga pun antusias mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan pengolahan susu bukan satu-satunya kegiatan HMTK di Desa Madiredo. Mereka juga berdonasi ke masjid setempat yang sedang dalam proses pembangunan dengan bentuk semen, lem tembok, Al-Quran, mukena, dan sejumlah uang hasil para donatur. Mereka pun mengajak anak-anak desa setempat untuk melakukan permainan yang menghibur dan mengasah kemampuan motorik.

Kegiatan Sambang Deso ini berjalan lancar. HMTK berharap supaya hal-hal yang dilakukam dapat memberi manfaat bagi Desa Madiredo. Mewakili segenap panitia, tak luput Amin menyampaikan banyak terima kasih pada para donatur. (ata)

(Visited 80 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *