ITN Malang Resmikan Laboratorium Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Sumbangan Alumni

itnmalangnews.id – Rasa cinta mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang terhadap kampus tidak terputus kendati sudah lulus. Para alumni bahu membahu berkontribusi untuk Kampus Biru, seperti halnya alumni Teknik Elektro angkatan 1980-an. “Kami memutuskan untuk menyumbang lab bagi adik-adik di Teknik Elektro. Nantinya bisa dipergunakan sebagai kompetensi dan menambah keterampilan lapangan,” kata Iyen Bob, alumnus Teknik Elektro angkatan 1982, Kamis (29/08).

Peresmian Laboratorium Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Sumbangan Alumni ITN Malang

Ir. Iyen Bob, alumnus Teknik Elektro 1982 menandatangani prasasti lab JDTL bersama Rektor ITN Malang dan Ketua P2PUTN. (Foto: Ata/itnnews)


Laboratorium Jaringan Distribusi Tenaga Listrik (JDTL) kampus 2 diresmikan, Kamis (29/8). Lab tersebut dioperasikan terutama untuk Teknik Elektro S1 dan mendukung perubahan jenjang dari D-3 menjadi Teknik Elektro Industri Program Sarjana Terapan. Tidak hanya untuk praktikum, Lab JDTL diproyeksikan untuk penyelenggaraan pelatihan dan tempat untuk uji kompetensi.

Berbagai relasi ITN Malang hadir dalam peresmian Lab JDTL. Mereka berasal dari APEI DPD Jatim, AKLI DPC Malang, alumni, dan pengusaha terkait. Bahkan, ada alumnus yang sudah berusia sekitar 80 tahun. Terdapat pula tamu dari Kolej Vokasional Seri Manjung Malaysia.

Menurut pandangan Ketua P2PUTN, Ir. Kartiko Ardi Widodo, MT, lab ini cocok untuk menghadapi perkembangan zaman. ITN Malang pun dapat lebih berperan mendukung program pemerintah untuk pembangunan 35 gigawatt. “Program pemerintah kita luar biasa meski pelaksanaannya tidak semudah yang dibayangkan. Ada celah seperti bagaimana sistem distribusi dan penanganannya harus baik dan ahli. Lab JDTL dapat membantu kita agar lebih bermanfaat untuk bangsa, terlebih lagi jika kita bermitra dengan para asosiasi kelistrikan terkait,” tutur Kartiko.

Senada dengan pernyataan tersebut, Rektor ITN Malang Dr.Ir. Kustamar, MT menilai lab baru akan memicu semangat ITN Malang mengembangkan prodi, terutama sarjana terapan. Ini juga menambah bukti nyata peran alumni bagi institusi. “Saya bersyukur lagi-lagi dapat melihat betapa cintanya alumni ke ITN Malang. Terima kasih, fasilitas ini luar biasa. Harapan kami keberadaan lab disusul dengan kegiatan yang bersinergi antara prodi dan para kolega. Lab harus berfungsi dengan intensitas tinggi. Jangan jadi monumen saja,” pesan Kustamar.

Baca juga: ITN Malang Resmi Teken MoU dengan Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia

Baca juga: ITN Malang Buka Tiga Prodi Sarjana Terapan Baru

Lab JDTL berada di luar gedung laboratorium elektro. Perangkat utama berupa enam tiang listrik lengkap dengan komponen jaringannya. Untuk perangkat lain dan ruang pembelajaran disediakan di dalam gedung. Lab dapat dipelajari baik saat terhubung dengan listrik maupun tidak karena terdapat tahapan-tahapan keterampilan dalam mengoperasikannya. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 233 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *