Waspadai COVID-19, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

itnmalangnews.id – Sejak ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai wabah pandemik pada Kamis (12/03/2020), Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah menjadi perhatian masyarakat karena penyebarannya yang cepat. Virus ini memiliki masa inkubasi yang relatif lama yakni sekitar 14 hari.

Waspadai COVID-19, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya (2)

Sumber foto: Ilustrasi virus Corona via www.cnbcindonesia.com


Baca juga: www.itn.ac.id

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun Kementerian Kesehatan Indonesia pada Senin (16/03/2020), kasus penyebaran virus Corona di Indonesia telah mencapai angka 134 kasus. Penderita Corona di Indonesia tersebar di 8 provinsi. Antara lain: DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Bali, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam menanggapi penyebaran COVID-19, pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan pembatasan gerak sosial untuk meminimalisir penularan. Berdasarkan pemaparan BBC, kebijakan tersebut ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (15/03/2020) lewat pidatonya di Istana Negara. “Kesehatan nomor satu. Yang penting sekarang adalah social distancing, kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah,” tegas Jokowi.

Penderita virus Corona memiliki gejala yang relatif sama dengan penderita influenza dan demam pada umumnya. Namun perlu diperhatikan gejala-gejala yang mengindikasikan bahwa seseorang terdampak Corona secara umum adalah: suhu badan melebihi 38ºC, sesak napas, dan batuk berdahak berwarna kuning kehijauan. Selain itu, virus Corona juga penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Dan virus tersebut adalah pengantar dari penyakit Pneumonia. Apabila Anda mengalami gejala serupa, Anda dapat menghubungi hotline number Corona di kota tersebut.

Virus Corona memiliki daya penularan yang cepat dan menyerang imunitas tubuh, sehingga setiap orang perlu melakukan tindakan pencegahan. Hal yang perlu dilakukan untuk mencegah virus korona adalah menjaga pola hidup sehat, seperti mencuci tangan secara rutin dan menjaga kebersihan makanan. Selain itu, tutup mulut dan hdung saat batuk atau bersin, gunakan masker seperlunya, dan kurangi intensitas aktivitas di luar rumah terlebih jika berada di zona penyebaran wabah virus Corona. (ata)

(Visited 490 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *