Sosialisasi PKM 2018, Dorong Mahasiswa Kimia Majukan Industri Pangan Nasional

itnmalangnews.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyelenggarakan kegiatan penyuluhan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Gedung Serbaguna, Teknik Kimia ITN Malang, Sabtu (13/9). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan PKM sebagai program wajib di semester 7.

Sosialisasi-PKM-2018-Dorong-Mahasiswa-Kimia-Majukan-Industri-Pangan-Nasional (1)

Drs. Siswi Astuti, M.Pd., dosen Teknik Kimia sekaligus pemateri “Pengenalan Dasar PKM” menyampaikan, PKM adalah salah satu program Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat di bawah naungan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi (Ristekdikti) untuk menunjang kualitas dan mutu peserta didik/mahasiswa.

“Tujuan PKM antara lain, mahasiswa dapat mengembangkan teori-teori yang telah dipelajari di kelas agar diterapkan menjadi produk penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat,” papar Siswi.

Dalam hal pengembangan industri pangan, mahasiswa Teknik Kimia menjadi salah satu faktor utama sebagai pendorong kemajuan ekonomi kreatif. Tidak sedikit mahasiswa Teknik Kimia yang sudah menyumbangkan karya-karya penelitiannya, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Adapun jenis PKM yang wajib diterapkan antara lain, PKM penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T),  PKM Karya Cipta (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Dari sekian jenis PKM tersebut, mahasiswa diberikan keleluasaan di dalam memilih salah satu program tersebut.

Sosialisasi PKM bertajuk “Sumber Daya Alam (SDM) sebagai Penyongsong Perindustrian Pangan Nasional” ini diharapkan dapat berkontribusi atas kemajuan industri pangan di Indonesia. Produk hasil PKM tersebut dapat didaftarkan paten dan dikembangkan ke sektor industri maupun Usaha Kecil Menengah (UKM).

Baca juga: Berkat Mister Mix Fruit, Mahasiswa ITN Malang Juara Dua Lomba Poster PKM Host UM

Dalam kegiatan tersebut, HMTK juga menghadirkan Faidliyah Nilna Minah, MT., dan Indria Kusuma Wardhani, ST., untuk memberikan kisi-kisinya kepada 90 mahasiswa prodi Teknik Kimia tentang teknis pengajuan dan pelaksanaan PKM.

“Sebelum memilih judul, pertimbangkan dulu apa akan kalian teliti itu sudah logis apa tidak. Saya harap kalian lebih inovatif dan dapat bekerja secara maksimal di masing-masing tim,” himbau Nilna. (mus)

(Visited 105 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *