Resmi, ITN Malang Bekerja Sama dengan Glintung Go Green (3G)

itnmalangnews.id – Sinyal-sinyal positif dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dan Glintung Go Green (3G) kini menunjukkan muaranya. Manajemen 3G bersama beberapa Srikandi Glintung datang ke ITN Malang untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), Jumat (16/08). Ini adalah kedatangan setelah giliran ITN Malang berkunjung ke Rumah Prestasi 3G pada Rabu (31/07) yang lalu.

Resmi, ITN Malang Bekerja Sama dengan Glintung Go Green (3G)

Menurut Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT, mengatakan, MoU diperlukan agar kerja sama lebih resmi sehingga mudah ditindaklanjuti. Hal ini disebabkan oleh rencana kerja sama antara kedua pihak membutuhkan bentuk nyata sebagai landasan pengerjaan.

“Kami bisa menerjunkan peneliti maupun mempublikasikan hasil penelitian di lokasi binaan 3G. Kerja sama  membuat kami memiliki laboratorium hidup dengan masalah yang berbeda-beda. Ini juga bisa menjadi solusi karena kadang kami (ITN Malang) sulit menemukan tempat mengaplikasikan penelitian,” ujar Kustamar yang berniat memasukkan Manager 3G Ir. Bambang Irianto ke dalam tim peneliti ITN Malang untuk memudahkan koordinasi.

Bambang yang juga merupakan inisiator Kampung 3G mengutarakan bahwa penandatanganan MoU hari ini adalah kado di Hari Kemerdekaan ke-74 bagi 3G. 3G pun telah antusias dengan rencana back up materi ilmiah sejak pertemuan sebelumnya.

“Dengan kerja sama ini, kami dari 3G akan selalu mendapat updating informasi dan solusi secara ilmiah dari masalah yang kami temui di lapangan saat melakukan replikasi kampung,” ungkap mantan ketua RW tersebut.

Baca juga: Rektor ITN Malang Bahas Solusi Atasi Banjir dan Siap Back Up Replikasi Kalpataru Bambang Irianto dengan Materi Lebih Ilmiah

Baca juga: Di ITN Malang, Inisiator Kampung Glintung Go Green (3G) Cerita Bangun Kampung

Dengan adanya updating informasi dan solusi ilmiah, pihak 3G akan menangani masalah yang ada secara tepat, hemat energi, dan waktu. Penerima anugerah Kalpataru kategori Pembina Lingkungan ini kemudian menyatakan rencana kerja sama dalam hal konservasi air.

“Selain itu, kami berencana menangani RW 18 Kelurahan Purwantoro bersama ITN Malang untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi saat hujan turun,” tukasnya lagi. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 99 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *