IKA ITN Jabodetabek Peduli Bencana Banjir

itnmalangnews.id – Bencana banjir yang melanda beberapa daerah di Indonesia pada awal tahun mengakibatkan berbagai kerugian. Daerah yang terdampak antara lain Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Bantuan pun datang dari berbagai penjuru. Salah satunya dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang Jabodetabek.

IKA ITN Malang Jabodetabek Peduli Bencana Banjir

Penyaluran Bantuan dari IKA ITN Malang Jabodetabek. (Foto IKA ITN Jabodetabek for itnmalang_news


Baca juga: www.itn.ac.id

Minggu, 12 Januari 2020, IKA ITN Malang Jabodetabek terjun ke Desa Haur Gajruk, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten. Desa tersebut dipilih karena menjadi salah satu titik yang terdampak cukup parah. “Haur Gajruk termasuk tempat yang terdampak cukup parah dan akses untuk mendapatkan suplai kebutuhan bahan terbatas. Kami ingin membantu meringankan beban saudara-saudara di sana dan mencoba menjadi manfaat bagi bermasyarakat,” jelas Narulita Sari, alumnus Teknik Elektro 1994, Jumat (17/01/2020).

Uli, sapaan karib Narulita memaparkan donasi didapat dari alumni dan beberapa dosen ITN Malang. Tim pelaksana lapangan mayoritas alumni Elektro angkatan 1990-an, antara lain Erwin Wijaya (alumnus 1998), Luluk Suharyanti (alumnus 1994), Mokhtar Hanafi (alumnus 1996), Roni Junaidi (alumnus 1996), dan ia sendiri. Bantuan yang disalurkan berbentum makanan sehari-hari, snack bayi, pakaian dalam, pembalut, sarung, selimut, perlengkapan mandi, dan lain-lain. Mereka mengetahui kebutuhan itu karena Ewin (Erwin Wijaya) berkoordinasi dengan relawan.

Luluk berharap penggalangan donasi ini mampu memupuk jiwa sosial dan menjaga semangat silaturahim. Ia yang juga menjadi bendahara pelaksana turut menjelaskan alokasi dana tersebut. “Alhamdulillah dalam waktu lebih kurang dari 6 hari total donasi yang kami terima berjumlah 15.153.000 rupiah. Sebagian besar dana kami sumbangkan ke Banten. Ada sebagian lagi yang kami gunakan untuk membantu alumni kita yang juga terkena dampak banjir cukup parah, lokasinya di Bekasi,” terang Luluk.

Baca juga: Sikapi Potensi Bencana, ITN Malang Undang Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur

Baca juga: Civitas Akademika ITN Malang Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulawesi Tengah

Warga Gajruk menyambut antusias kedatangan tim pelaksana dari IKA ITN Jabodetabek. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu Ketua RT, Rosyid. “Kami sangat senang dengan adanya bantuan ini, karena sedikit banyak dapat mengurangi beban warga. Sebagian besar dari kami mata pencahariannya terhenti sementara karena banyak sawah yang rusak, padahal beberapa sawah tersebut dalam kondisi siap panen,” kata Rosyid. (ata)

(Visited 169 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *