Alumni Teknik Kimia Beberkan Potensi Katalis dari Sampah Organik

itnmalangnews.id – Bagi orang yang berkecimpung di bidang sains dan teknik akan mengenal katalis. Zat tersebut mempercepat reaksi karena menciptakan kondisi yang dapat menurunkan energi aktivasi, dan bisa diperoleh kembali di akhir reaksi. Selama ini katalis komersial relatif mahal, tapi ternyata katalis dapat dibuat sendiri dari bahan-bahan yang tidak terpakai.

Alumni Teknik Kimia Beberkan Potensi Katalis dari Sampah Organik

 Prof. Iryanti Fatyasari Nata, ST,MT,Ph.D, alumni Teknik Kimia ITN Malang saat menjelaskan materi katalis. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Baca juga: www.itn.ac.id

Adalah Prof. Iryanti Fatyasari Nata, ST,MT,Ph.D, dosen Universitas Lambung Mangkurat yang menjadi salah satu peneliti di bidang katalis. Ia menyoroti sampah organik yang berpotensi menjadi biomassa. “Sisa kelapa sawit, jagung, pisang, dan singkong dapat diproduksi menjadi Solid Acid Catalyst berbasis biomassa. Material ini semuanya waste, jadi hasilnya enviromental friendly. Bahan berbeda akan menghasilkan penampakan dan karakterisasi katalis yang berbeda pula,” ujar Iryanti, Sabtu (14/12).

Guru besar kelahiran Samarinda tersebut mengatakan jika Solid Acid Catalyst berpotensi tinggi jika diproduksi. Bahan baku juga relatif mudah diperoleh. “Untuk ke arah sana para akademisi perlu dukungan dari pemerintah, baik dalam taraf penelitian maupun komersialisasi,” tambahnya.

Selain katalis, beberapa bahan dapat diolah menjadi edible film. Bahan ini umumnya menjadi pelapis yang berfungsi melindungi dan mengawetkan makanan tapi tetap aman dimakan, contohnya bisa diterapkan di buah-buahan.

Baca juga: Kenalkan Jaminan Keamanan Pangan, Teknik Kimia Gelar Workshop GMP dan HACCP

Baca juga: Seminar Nasional: Menuju Krisis Energi, Mahasiswa Teknik Kimia Gugah Kesadaran Lewat Seminar

“Bahannya tergolong mudah, yaitu cangkang telur, kulit ubi, sari kedelai, dan tepung tapioka. Pada proses produksi ditambahkan jahe dan tumbuhan paku yang banyak ditemui di lahan gambut,” jelas alumnus 1993 Teknik Kimia ITN Malang ini.

Iryanti memaparkan hal tersebut pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) ITN Malang. Seminar berkonsentrasi pada Sumber Daya Alam di Indonesia. Aneka kekayaan sumber daya alam meliputi tanah, gas, air, mineral, tumbuhan, dan lain sebagainya. (ata)

(Visited 193 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *