Menjaga Objektivitas, ITN Malang Seleksi Karyawan Lewat Pihak Ketiga

itnmalangnews.id – Kualitas para karyawan dan tenga pengajar merupakan satu elemen penting untuk menentukan kualitas suatu universitas. Untuk itu, tenaga pengajar berkualitas menjadi buruan beberapa kampus. Termasuk salah satunya Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Tak tanggung-tanggung untuk menghasilkan karyawan yang berkualitas kampus biru tersebut melibatkan pihak ketiga. “Objektivitas saat rekrutmen atau seleksi karyawan adalah syarat agar tenaga pengajar yang dijaring berkualitas,” terang Dr. Ir. Lalu Mulyadi MT, Rektor ITN Malang saat ditemui di ruang kerjanya.

menjaga-objektivitas-itn-malang-seleksi-karyawan-lewat-pihak-ketigaMenurut pria asal Lombok tersebut, pihaknya untuk menghadirkan rekrutmen yang objektif melibatkan pihak ketiga. Artinya penjaringan dan penilaian mana orang yang layak masuk ITN dinilai oleh pihak independen. Setelah diberikan penilaian oleh pihak ketiga barulah ITN memutuskan orang-orang yang dibutuhkan. “Melalui pihak ketiga juga akan menepis kecurigaan kongkalikong saat rekrutmen. Tidak bisa lagi bilang bahwa orang tertentu di terima di ITN Malang karena dekat dengan … , tidak bisa,” tegas alumni Univeritas Teknologi Malaysia (UTM) itu.

Selain itu, Lalu menambahi keutungan lain dari seleksi karyawan oleh pihak ketiga adalah dapat menilai pos mana nantinya yang tepat untuk orang baru tersebut. Karena apapun alasannya posisi kerja seseorang harus disesuaikan dengan karakter orang tersebut. “Jadi kalau karakter jadi staf, tidak akan diposisikan dipimpinan. Nanti tidak akan baik. Dan pihak ketiga dengan pendekatan psikologi dapat menilai posisi yang tepat seseorang,” ujarnya. (her)

(Visited 187 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *