Kampung Putih, Titik Awal Pembersihan Sungai

itnmalangnews.id – Menindaklanjuti komitmen aksi bersama untuk membersihkan sungai setiap minggu, aksi pertama pun digelar di sepanjang sungai kawasan Kampung Putih, Kota Malang, (14/07). Kegiatan dimulai dengan pembersihan sungai, penghijauan sepadan sungai, dan ditutup dengan diskusi ekologi. Aksi minggu ini dikoordinir oleh komunitas Fasilitator 3R Kota Malang. Sekitar 10 sivitas Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang turut beraksi, baik dari pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) ITN Malang maupun non-pengurus.

ITN Malang sasar Kampung Putih, Titik Awal Pembersihan Sungai,

Apel pagi menjelang bersih sungai di Kampung Putih minggu pertama. (Foto: HMTL for itnmalangnews.id)


Hasil temuan menunjukkan jika sampah plastik sisa kegiatan rumah tangga paling banyak ditemukan di sepanjang sungai. Pembersihan dilakukan kira-kira sejauh 50 meter dari lokasi awal. Setelah itu kurang lebih 50 bibit ditanam di sepadan sungai yang telah dibersihkan.

Wahyu Hadjarati, Ketua HMTL ITN Malang yang juga menjadi peserta aksi hari ini mengapresiasi jalannya kegiatan. Kegiatan ini dinilai sangat membantu menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kepedulian masyarakat. “Kegiatan bersih sungai diikuti oleh berbagai komunitas di masyarakat. Bukan hanya aksi, tetapi juga diskusi mengenai pentingnya sungai sehingga dapat mengedukasi,” paparnya.

Baca juga: Mahasiswa ITN Malang Ikut Saber Pungli Nyemplung Kali

Baca juga: Baskomas Gandeng ITN Malang Lakukan Komitmen Aksi

Selain anggota aksi, masyarakat sekitar juga ikut bergotong royong membersihkan sungai. Hal ini merupakan awal yang baik untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. Mengenai komunitas atau organisasi yang terjun ke lapangan hari ini antara lain; Bantuan Sosial Komunikasi Masyarakat (Baskomas), Alamku Hijau, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Fasilitator 3R, Dinas Lingkungan Hidup, HMTL, Malang Peduli Demokrasi, Komunitas Peduli Malang Raya, serta SAR. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 147 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *