ITN Malang Bagi-bagi Daging Kurban di Tasikmadu

itnmalangnews.id –  Untuk merayakan Hari Raya Iduladha, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyelenggarakan salat dan penyembelihan hewan kurban di dua lokasi berbeda. Salat Iduladha digelar di lapangan depan kampus 1, sedangkan penyembelihan kurban bertempat di kampus 2 Jalan Raya Karanglo Km 2, Tasikmadu, Malang. Pola tersebut sudah berjalan sejak tiga tahun terakhir.
ITN Malang Bagi-bagi Daging Kurban di Tasikmadu
Proses pengemasan daging kurban sebelum didistribusikan. (Foto: Ata/itnnews)

Annur Ma’ruf, ST,MT, Ketua Panitia Iduladha menjelaskan perbedaan lokasi tersebut. Penyembelihan kurban di kampus 2 dianggap lebih bermanfaat daripada di kampus 1. “Dulu pernah disembelih sekalian di kampus 1, tetapi ternyata sulit dalam pendistribusian. Daerah sekitar jalan Sigura-gura padat penghuni dan banyak masjid. Banyak warga sudah kebagian daging sehingga over kuota. Di kampus 2 masih relatif lebih sepi. Kami juga sudah berkoordinasi dengan RW setempat,” jelasnya ketika ditemui di sela-sela pemotongan hewan kurban, Sabtu (11/08).Hewan kurban tahun ini berupa 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Dosen Teknik Sipil tersebut merinci dari mana hewan kurban diperoleh. “Satu sapi dari P2PUTN. Tiga sapi lain dari sumbangan dosen dan karyawan. Tiga ekor kambing dari sivitas ITN Malang secara perorangan,” jabar Annur.

Kendati jumlah sapi tahun ini lebih sedikit dari tahun lalu yang mencapai 6, tetapi dari kualitas tidak kalah. Jumlah sapi tahun ini 4 ekor tetapi gemuk-gemuk. Berat setiap sapi di atas 400 kilogram, sedangkan tahun lalu sapinya agak kurus. Sapi kurban tahun ini didapatkan dari peternakan lokal di daerah Petungsewu.

Diperkirakan daging kurban mulai didistribusikan sekitar pukul dua siang. Untuk penerima kurban dari ITN Malang mendapatkan kupon antrean. Sementara itu, untuk masyarakat setempat akan diamanahkan pada Ketua RW masing-masing, di mana Ketua RW berkoordinasi dengan para Ketua RT-nya.
Annur menganggap antusiasme sivitas akademika ITN Malang terhadap Iduladha tinggi. Silaturahim dengan masyarakat pun akan terjalin lebih erat. “InsyaaAllah momentum ini mengajak kita agar lebih peduli pada lingkungan sekitar. Saya harap di tahun-tahun mendatang, dosen dan karyawan lebih bersemangat mengamanahkan hewan kurban mereka di ITN Malang,” tambah dosen asal Palu itu. (ata)
(Visited 258 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *