Machmud Lutfi Huzain: Spirulina Mengandung Zat Besi 68 Kali Lebih Banyak Ketimbang Daging Ayam

itnmalangnews.idSejauh ini dalam hal konsumsi orang Indonesia yang penting kenyang. Tidak peduli bagaimana kandungan gizi dari makanan yang ditelannya. Mereka lalu bekerja keras setiap harinya. Alhasil setelah mereka sukses malah sakit-sakitan, dan tak sempat menikmati hasilnya kerjanya. Demikian ulasan Machmud Lutfi Huzain ST, CEO PT Neoalgae Indonesia Makmur dalam acara seminar nasional Teknologi Biomassa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

machmud-lutfi-huzain-spirulina

Menurut pria yang akrab disapa Machmud tersebut, sebetulnya Indonesia memiliki kekayaan hayati yang kandungan gizinya sangat tinggi dan bagus untuk dikonsumsi. Salahnya satunya adalah tanaman alga spirulina. Dalam temuan pria asal Surakarta tersebut, kandungan gizi algae jauh lebih tinggi dari daging sapi dan ayam. “Kandungan protein spirulina 4 kali lebih banyak dari daging sapi. Dan kandungan zat besinya 68 kali lebih banyak dari daging ayam,” terang enterpreneur muda itu.

Machmud memang salah satu pemuda yang sukses mengembangkan alga jenis spirulina sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung gizi tinggi. Dan pelanggannya tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari manca negara. “Jika bikin roti, ingin gizinya bagus maka tambahlah powder spirulina. Jika ingin bikin bakso ingin bergizi maka tambahlah bubuk spirulina,” terangnya. Saat ini bubuk spirulina juga digunakan sebagai bahan obat-obatan dan kosmetik.

Dalam Seminar Nasional tersebut, alumni Universitas Padjajaran (Unpad) tersebut juga berbagai bagaimana cara budidaya alga spirulina. Menurutnya, spirulina dapat dipanen selama empat hari setelah di tebar benihnya. Salah satu kunci sukses budidaya tumbuhan bersel satu tersebut adalah adalah menjaga kadar airnya, serta melakukan pemisahan gumpalan-gumpalan alga saat mulai tumbuh. “Spiriluna itu tumbuhnya mengelompok, karena itu kita harus pisahkan agar semua bisa kena matahari, sehingga dapat tumbuh dengan baik,” tuturnya. (her)

(Visited 308 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *