Rektor ITN Malang: Sudah Saatnya Batik Bermotif Relief dan Arca Candi

itnmalangnews.id – Kekhasan relief dan arca pada candi-candi di Jawa Timur sangat menarik jika dijadikan motif pakaian batik. Karena relief da arca tidak hanya hadir sebagai sebuah gambar melainkan juga memiliki makna kehidupan yang dalam akan masyarakat kuno. Demikian paparan Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT, Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, peneliti relief dan arca candi Singosari-Jawi Jawa Timur.

Batik Relief dan arcaMenurut pria asal Lombok tersebut pemilihan relief dan arca menjadi motif batik tidak hanya bagus dari sisi estetikanya tetapi juga akan memberikan pemahaman bagaimana masyarakat masa lalu menjalani hidupnya dan berinteraksi sebagai suatu masyarakat. “Jika menggunakan motif relief, berarti motifnya tidak sembarangan, karena masih melalui serangkaian riset yang mendalam. Dan itu motif relief masih belum banyak saat ini,” terang alumni ITN Malang tersebut saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/10).

Karena itu, dirinya sebagai peneliti dari relief dan arca di Jawa Timur melakukan kolaborasi dengan Fakultas Teknik Industri ITN Malang untuk melakukan implementasi relief pada batik. Hal itu nantinya akan dilakukan dengan meggelar lomba batik motif relief yang akan diikuti oleh mahasiswa sekolah menengah kejuruan (SMK) atau sederajat yang paling bagus bisa dijadikan contoh untuk diwujudkan dalam bentuk home industri. “Nanti batik para pegawai ITN Malang juga akan menggunakan batik motif relief dan arca,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Lalu juga berharap kepada pemerintah agar lebih serius melakukan perawatan terhadap candi-candi tidak hanya di Jawa Timur tetapi di seluruh Indonesia. Karena sejauh amatan dia selama melakukan penelitian di Jawa Timur banyak candi-candi yang tidak dirawat dengan baik. “Melihat kedalaman makna relief, saya sangat berharap pemerintah memberikan dana yang cukup untuk memelihara candi-candi yang ada,” tuturnya. (her)

(Visited 151 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *