Dukung Pengembangan Wilayah, ITN Malang Digandeng Pemkab Sumenep

Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE, bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sumenep, Ir. Eri Susanto M.Si., (1)

Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE (kiri), bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sumenep, Ir. Eri Susanto M.Si., saat penandatanganan MoU antara ITN Malang dengan Pemkab Sumenep, di Ruang Sidang Rektorat ITN Malang, Kamis (23/6/2022). (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


itnmalangnews.id – Langkah Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang untuk ikut mengembangkan Kabupaten Sumenep, Madura sudah didepan mata. Setelah Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Sumenep, yang dilaksanakan secara desk to desk di Ruang Sidang Rektorat ITN Malang, Kamis (23/6/2022). Dan, dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sumenep, Ir. Eri Susanto M.Si. Pasalnya Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, S.H., M.H., berhalangan hadir.

Baca juga:  www.itn.ac.id 

Peran serta ITN Malang dalam mendukung pengembangan daerah memang tidak diragukan lagi. Selama ini Kampus Biru telah sukses bekerja sama dengan berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja, di Jawa Timur ITN Malang telah bekerja sama dengan Pemkab Nganjuk, Pemkab Probolinggo, Pemkab Malang, dan lain-lain. Terakhir ITN Malang baru saja menandatangani kerja sama dengan Pemkab Lamongan pada awal Juni 2022 kemarin.

“ITN Malang melalui LP2K (Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kerjasama) sudah banyak sekali melakukan kerja sama dengan pemkab. Teknik geodesi terakhir kemarin di Lamongan mengerjakan 12 kelurahan. Begitu juga kami membuka diri (kerja sama) dengan daerah-daerah lain,” ujar rektor.

Baca juga: Pertegas Batas Kelurahan, ITN Malang Digandeng Pemkab Lamongan

Rektor menyatakan senang, pasalnya ITN Malang bisa berkolaborasi dengan Pemkab Sumenep. Dengan begitu selain ITN Malang bisa turut ambil bagian dalam memajukan daerah di Kabupaten Sumenep, ITN Malang juga bisa mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Yang mengacu pada tujuan MoU sebagai upaya pengembangan sumber daya dan potensi daerah serta pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi dan pengabdian masyarakat guna peningkatan kualitas pelayanan publik dan melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

“Kami senang sekali bisa berkolaborasi dengan Kabupaten Sumenep. Mudah-mudahan niat baik ITN untuk ikut serta membangun NKRI berjalan dengan lancar. Dalam MBKM mahasiswa kami nantinya juga bisa magang di Sumenep. Kita bisa saling bersinergi untuk memajukan daerah,” kata rektor.

Kerja sama ITN Malang dengan Pemkab Sumenep tidak serta merta. Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sumenep, Ir. Eri Susanto M.Si., sudah melakukan kunjungan dan berkoordinasi dengan Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITN Malang pada Maret 2022 lalu.

Baca juga: 55 Mahasiswa PWK ITN Malang Magang MBKM ke Berbagai Daerah

Menurut Eri, kerja sama Pemkab Sumenep dengan ITN Malang berkaitan dengan pendampingan penyusunan RTRW tahun 2022. Dimana Kabupaten Sumenep untuk tahun ini penyusunan RTRW sudah masuk tahun ketiga.

“Kami sangat berterimakasih bisa bekerja sama dengan ITN Malang, terutama dalam hal tata ruang. Dan, ternyata ITN sudah banyak menyelesaikan berkaitan dengan tata ruang. Kami memiliki 126 pulau. 40 pulau berpenghuni dan sisanya tidak berpenghuni. Sehingga membutuhkan penataan ruang untuk bisa didata dengan baik,” harap Eri yang juga alumnus Teknik Pengairan ITN Malang angkatan ’86 ini. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

(Visited 220 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *