Perwakilan Kampus Wako Jepang: Mahasiswa ITN Malang Dapat Kuliah Gratis Di Jepang

itnmalangnews.id – Kabar gembira bagi para mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, khususnya mereka yang memiliki niat melanjutkan studi ke luar negeri. Wako University yang baru saja menjalin MoU (Memorandum of Understanding) dengan kampus biru menyatakan kesiapannya andaikan nanti ada mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke negeri sakura itu.

Perwakilan Kampus Wako JepangProf. Dr. Bambang Rudyanto, Director of  Center for International Culture Exchange Wako University menyatakan bahwa di Jepang sangat mudah untuk mendapat beasiswa bagi negara asing. Tetapi, imbuhnya, beasiswa tidak diberikan di awal melainkan calon penerima mahasiswa harus mengikuti program dulu baru setelah itu mengajukan beasiswa. “Kalau mengikuti program, saya jamin 99 persen pasti mendapat beasiswa di Jepang,” terang pria yang juga dosen di Wako University itu.

Cuma sayangnya, lanjut pria asal Probolinggo itu, tidak banyak mahasiswa Indonesia yang siap berjuang hingga diterima mengikuti program. Padahal sejauh ini, di Wako University sendiri banyak menerima mahasiswa asing dan langsung mendapat beasiswa dari pemerintahan Jepang. “Kemarin ada mahasiswa saya dari Cina, untuk magister dia hanya bermodalkan 100 juta untuk masuk program. Setelah masuk mendapat beasiswa total,” kata dia.

Sementara tentang kerjasama antara ITN Malang dengan Wako University, Bambang menyatakan kesenangannya. Karena dirinya masih orang Indonesia dan bahkan pernah menuntaskan studinya sekolah menengah atas di Kota Malang. “Harapan saya ini adalah kerjasama awal, selebihnya dapat ditingkatkan ke berbagai bidang,” kata dia. (her)

(Visited 216 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *