Pelatihan Dasar K3 : Perhatikan Arah Angin dalam Mengendalikan Api

itnmalangnews.id – Api sangat bermanfaat bagi manusia, namun di sisi lain bila tidak terkendali akan mengakibatkan kebakaran. Oleh karena itu penanganan kebakaran sangat penting dilakukan. Untuk pengendalian kebakaran bisa menggunakan beberapa cara bergantung kebutuhan. Pertama dengan mengunakan hidran, biasanya untuk tingkat kebakaran parah skala luas. Kedua, secara tradisional dengan menggunakan penutup kain karung goni yang sebelumnya direndam air. Ketiga, dengan apar, alat yang digunakan untuk memadamkan /mengendalikan kebakaran kecil.

pelatihan-dasar-k3 Metode penutup karung goni dan apar digunakan sebagai bahan praktek penanganan kebakaran pada pelatihan dasar-dasar K3 di Lapangan Merah Kampus I ITN Malang, Jumat (29/4). Di bawah instruktur Agus Sulistiono dari UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang, peserta antusias menyimak dan mempraktikkan. “Kuncinya perhatikan arah angin dan jangan pernah ragu dalam memadamkan api,” jelas Agus.

Sebelum praktek terlebih dahulu peserta diberikan materi mengenai penanggulangan dan penanganan kebakaran. Teknik bagaimana memadamkan api dengan menutup pasokan udara, baik menggunakan karung goni maupun menggunakan apar. Simulasi ini dibantu dua personel dari pemadam kebakaran Kabupaten Malang. (sar)

(Visited 188 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *