Dosen ITN Malang Temukan Strategi Antisipasi Kedelai Impor

itnmalangnews.id – Indonesia sering disebut sebagai negeri yang gemah ripah loh jinawi namun hanya untuk mengkonsumsi kedelai masih harus impor ke asing. Lahan-lahan yang luas yang sebetulnya dapat dimanfaatkan untuk bertanam kedelai juga tidak dapat menghasilkan kedelai dalam jumlah yang besar. Inilah beberapa kegelisahan yang dialami  Dr. Ir. Nelly Budiharti, MSIE, IPM, Dosen Teknik Industri. Nelly kemudian membuat strategi menanggulangi kedelai impor.

Dosen ITN Malang Temukan Strategi Antisipasi Kedelai ImporDitemui di ruang kerjanya perempuan asli Palembang ini menjelaskan strateginya yang berjudul Model Strategi Persediaan Kedelai Produksi Dalam Negeri Guna Mencapai Swasembada. Menurutnya ada empat hal yang bisa digunakan untuk mencegah kedelai impor. Pertama, harga penjualan petani yang pantas. “Sejauh sudah biasa dinegeri kita ini, hasil pertanian selalu harganya murah, setelah sampai di pasar baru mahal. Ada permainan tengkulak yang belum bisa diatasi,” terang Nelly.

Kedua, memberikan petani modal yang cukup. Karena untuk melakukan penanaman petani membutuhkan modal yang tidak sedikit mulai dari pemupukan hingga perawatannya. Ketiga, lahan dan intensifikasi atau perluasan. Sejauh ini tidak semua lahan digunakan untuk menanam kedelai, lahan yang ada sangat terbatas. Petani harus sewa dan itu mahal. “Padahal kita memiliki lahan yang sangat luas,” kata alumni ITB Bandung tersebut.

Baca: Terapkan Green Technology, Dosen ITN Malang Kembangkan Bambu Sebagai Alternatif Pengganti Tulangan Baja

Baca: Produktif Menulis, Empat Karya Dosen ITN Malang Mendapat Hak Cipta

Keempat, produksi yang tinggi yaitu harus dilakukan alih fungi lahan ke tanaman kedelai. Tanaman-tanaman yang kurang manfaat harus diganti dengan lahan untuk kedelai. Apalagi saat ini termasuk komoditas yang sangat dibutuhkan untuk konsumsi dalam negeri. “Ada tiga kebutuhan utama masyarakat Indonesia, yaitu padi, jagung, dan kedelai,” kata dia. (her)

(Visited 133 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *