Dosen ITN Malang: Malang Adalah Jantungnya Jatim Sejak Zaman Belanda

itnmalangnews.idMalang Raya menempati posisi yang strategis di wilayah Jawa Timur bahkan sejak zaman Belanda. Malang diapit oleh tiga sungai yaitu kali Metro, Brantas, dan Bango juga dikelilingi oleh bebukitan. “Posisi strategis itulah yang membuat Malang Raya ini sebagai jantung dari Provinsi Jawa Timur,” terang Ir. Budi Fatoni, MT, dosen arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang saat ditemui di ruang humas, Sabtu (10/2).

Dosen ITN Malang, kota malang sebagai Jantung JatimPosisi strategis inilah, menurut pria yang juga pengamat kota tersebut, yang membuat Kota Malang terus dikunjungi oleh banyak orang. Saat dibangun kampus juga diminati oleh para mahasiswa dari berbagai daerah Indonesia. Nah, keadaan ini jika tidak dikelola dengan benar maka dampaknya adalah kemacetan di Kota Malang sebagaimana diketahui bersama akhir-akhir ini. “Tahun 2014 lalu, saya bilang jika tidak dikelola lima tahun lagi Kota Malang akan tak bergerak, saat ini 2018 berarti tinggal setahun lagi,” kata dia.

Karena itulah pria yang kini tinggal di Malang itu menyarankan pada pemerintah Kota Malang untuk segera membangun alat transportasi massal seperti monorel. Dan saat ini proyek ini sedang digodok dan beberapa kali sudah melakukan studi banding ke Singapura dan Malaysia. “Kita harapkan monorel ini dapat menjadi jawaban atas kemacetan Kota Malang,” tuturnya.

Baca: Prihatin Curah Hujan Tinggi, Pakar ITN Malang Suarakan Sumur Resapan

Baca: Banjir Kota Sampang Madura Akan Segera Ditangani oleh Tim ITN Malang

Selain itu, dosen yang akrab disapa Budi itu juga menyarankan agar pemerintah memberikan porsi yang tepat terhadap para akademisi di kampus. Karena apapun alasannya orang-orang kampus melakukan penelitian untuk menilai sesuatu. Sehingga nantinya, pengambilan kebijakan terkait penataan Kota Malang menjadi tepat. “Para ahli di kampus-kampus di Malang ini kan banyak, sayangnya sejauh ini belum dilibatkan secara aktif membangun Kota Malang,” kata dia. (her)

(Visited 313 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *