UKM FORMAT Juarai Lomba Fotografi “Kemaritiman dan Keberanekaragaman”

itnmalangnews.id  Fotografi adalah salah satu media komunikasi visual yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan tentang sisi-sisi kehidupan. Serorang fotografer dituntut memiliki kecakapan dan kepekaan pandangan, kejelian serta teknik memadukan komposisi pencahayaan agar pesannya dapat diterima oleh publik. Keahlian seni fotografi inilah yang terus dipelajari dan ditekuni oleh anggota UKM FORMAT (Fotografi Mahasiswa Teknik) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

UKM-FORMAT-itn-malang-Juarai-Lomba-Fotografi-Kemaritiman-dan-Keberanekaragaman

Berkat kemampuan dan bakat inovasi fotografinya, Dhony Ari Setiadi, anggota UKM FORMAT yang akrab disapa Dhony ini berhasil meraih Juara Harapan II kategori Hitam-Putih dalam ajang lomba fotografi PEKSIMIDA (Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah). Acara ini diselenggarakan oleh BPSMI (Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia) di Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

“Saya harus bersaing dengan 80 peserta. Foto yang saya bidik menceritakan tentang potret kehidupan seorang pedagang hijab yang berlokasi di kawasan wisata, kompleks pemakaman Sunan Bonang,” ujar mahasiswa Teknik Industri semester 5 ini.

Baca juga: Mahasiswa ITN Malang Juara LKTI Nasional di Makassar

Tidak tanggung-tanggung, pihak panitia lomba menghadirkan langsung tim juri dari ahli fotografi Jawapos, Antara Foto, dan Komunitas Fotografi Semen Indonesia. Adapun tema yang diangkat dalam lomba tersebut yaitu bertajuk “Kemaritiman dan Keberanekaragaman“. Untuk Kategori Hitam-Putih, karakteristik penilaiannya meliputi narasi visual (cerita) dan tema foto.

Gallery terkait: Dhony Ari Setiadi Raih Juara Harapan II Lomba Fotografi PEKSIMIDA XIV Jatim

“Saya dan teman-teman fotografer ITN ingin mengakat lagi marwah UKM FORMAT dalam mengasah kreativitas dan menjuarai berbagai perlombaan,” imbuh mahasiswa asal Malang ini.

UKM FORMAT yang didirikan pada tanggal 30 September 1999 ini telah mengukir banyak prestasi, di antaranya juara II Lomba Fotografi Nasional Spirit POMNAS XIII dan juara III Street Fotografi Ketegori Foto Produk yang diselenggarakan oleh Faklutas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB). (mus)

(Visited 140 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *