Penyalahgunaan Narkoba Kota Malang Didominasi Oleh Pil Koplo

itnmalangnews.id – Ada trend yang berbeda bagi penyalahgunaan narkoba di Kota Malang. Jika sebelumnya banyak menggunakan ganja dan sabu-sabu, kini beralih ke pil koplo atau double LL. Peralihan trend ini menurut AKBP. Ir. Bambang Sugiharto Msi, kepala BNN Kota Malang karena obat haram jenis tersebut lebih murah dan lebih mudah didapat oleh pengguna. “Obat itu (pil koplo) biasanya disamarkan dengan obat penambah vitamin tubuh,” terangnya dalam acara PKKMB (Perkenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

penyalahgunaan-narkoba-kota-malang-didominasi-oleh-pil-koploDalam kesempatan tersebut, pria kelahiran Pamekasan tersebut juga menceritakan daya rusak narkoba bagi manusia. Di antara, membuat orang tidak berhenti berhalusinasi, jalannya menjadi sempoyongan, tidak fokus atau gagal konsentrasi, dan berujung pada kematian. “Saat ini terdapat 34 orang meninggal sia-sia karena narkoba dalam setiap harinya, kemudian kerugian uang mencapai 48-50 triliun pertahun akibat dibelanjakan narkoba,” ujarnya.

Selain itu, dalam acara bertajuk Kebersamaan Dalam Keragaman, Beragam dalam Kebersamaan tersebut Bambang juga menunjukkan peningkatan pengguna di Kota Malang. Pada tahun 2013 hanya ada 41 orang, tetapi pada 2015 menanjak menjadi 1326 orang. “Yang paling banyak kasus ditemukan di daerah kos-kosan. Sementara pelaku didominasi oleh kaum pria. Pada 2015 ini saja pelaku pria 193 orang, sementara perempuan 4 orang,” papar pria yang juga alumni ITN Malang itu.

Diakhir pembicaraannya dia mengingatkan, bahwa pemuda merupakan generasi yang rawan akan penyalahgunaan narkoba. Hal itu karena pemuda memiliki jiwa petualang yang tinggi. “Pemuda awalnya biasanya ingin mencoba, setelah itu rutin menggunakan, hingga akhirnya kecanduan. Dan kebanyakan karena terpengaruh oleh teman. Karena itu pilihlah teman yang baik,” tuturnya. (her)

(Visited 159 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *