Lagi, MAN Kota Pasuruan Juarai LKTA IFEST 2017 ITN Malang

itnmalangnews.id – MAN Kota Pasuruan kembali mempertahankan prestasinya sebagai juara pertama Lomba Karya Tulis Al-Quran (LKTA) dalam ajang ITN Islamic Festival (IFEST) 2017 di Kampus I ITN Malang, Minggu (19/3). Intan Yuniarsih yang berhasil menyabet juara tahun lalu kali ini berduet dengan Muhammad Izzulhaq Fillah. Karya tulis berjudul : Aplikasi Unoax sebagai Filter Berita Hoax pada Toleransi Antar Umat Beragama di Dunia Maya dengan mulus dipresentasikan di depan juri.

MAN Kota Sidoarjo Juarai LKTA IFEST 2017 ITN MalangMuhammad Izzulhaq Fillah menuturkan, pemicunya salah satu toleransi di Indonesia karena banyak media yang memposting berita hoax sehingga mengakibatkan banyak fitnah dan kesalahpahaman. Dengan aplikasi Unox secara otomatis akan mendeteksi unsur-unsur hoax dalam berita. “Kalau dalam suatu berita ada indikasi unsur hoax secara otomatis Unox akan memberi dua pilihan. Tetap membaca berita atau jauhkan dari hal ini (berita tersebut, Red),” jabar siswa kelas sepuluh ini.

LKTA IFEST 2017 tingkat SLTA se-Jawa Timur sebagai upaya pelajar mempelajari nilai-nilai sains yang ada dalam Al-Quran. LKTA berbeda dengan karya tulis ilmiah biasa. Ayat-ayat Al-Quran sebagai dasar kajian membuat pelajar lebih  dekat dengan agama. “Lewat LKTA selain untuk mengembangkan diri sekaligus membuat kita mendalami agama, karena ini merupakan riset berbasis Al-Quran,” terang Intan.

Tidak hanya sekolah dengan latar belakang agama saja yang mengikuti LKTA, namun kajian Al-Quran juga dilakukan Sekolah Menengah Atas. Terbukti SMA Negeri 3 Malang dengan apik mempersembahkan karyanya sebagai juara dua.

Berikut hasil perlombaan LKTA IFEST 2017Juara I : Muhammad Izzulhaq Fillah dan Intan Yuniarsih (MAN Kota Pasuruan). Juara II : Raisya Fatma Alzahra dan Nadhira Rifqi (SMA Negeri 3 Malang. Karya tulis berjudul : Implemenasi Isi Piagam Madinah dalam Kehidupan Negara Bhinneka Tunggal Ika). Juara III : Rana Salsabillah Sundari dan Nurul Fauziah (MAN Kota Pasuruan. Karya tulis berjudul :  short movie inspire (SMI) Sebagai Media dalam Upaya Meningkatkan Toleransi Antar Umat beragama yang terispirasi Qs. Al-Hujurat:13 dan Qs. Al-Kafirun:06) (sar)

(Visited 688 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *