Outing Class Mamumtaza melihat proses pembuatan minyak atsiri di Laboratorium Teknik Kimia ITN Malang. (Foto: Mita/Humas ITN Malang)
itnmalangnews.id – Outing class MA Muhammadiyah I Kota Malang (Mamumtaza) mengeksplorasi Teknik Kimia S-1, dan Prodi Bisnis Digital S-1, di Kampus 2 Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang). Kunjungan pada Selasa (30/09/2025) lalu ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata dan pemahaman awal mengenai suasana perkuliahan dan kondisi kampus kepada para siswa.
Baca juga: Kunjungi Kampus ITN Malang, Mamumtaza Buka Wawasan Studi Lanjut Siswa
Mendalami Teknik Kimia dan Laboratorium
Saat mengunjungi Prodi Teknik Kimia, siswa tidak hanya menerima informasi profil dan potensi karir lulusan, tetapi juga dikenalkan tujuh laboratorium, yaitu Laboratorium Konversi Energi, Mikrobiologi, Kimia Dasar, Teknologi Pengolahan Pangan, Minyak Atsiri, Operasi Teknik Kimia (OTK), dan Komputasi Kimia.
Kaprodi Teknik Kimia S-1, Ir. Rini Kartika Dewi, ST., MT., menjelaskan, dihadapan para siswa timnya memaparkan keunggulan prodi, potensi bidang pekerjaan, dan kesempatan magang di industri bahkan luar negeri. Siswa juga ditunjukkan proses pengolahan, seperti di laboratorium energi, minyak atsiri, dan teknologi pengolahan pangan, termasuk demonstrasi project safety dan cara pengolahan limbah.
“Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas, serta mematahkan anggapan bahwa Teknik Kimia itu sulit,” katanya.
Kaprodi Bisnis Digital S-1, Dr. Agung Panji Sasmito, S.Pd., M.Pd., memberikan sambutan pada acara Outing Class MA Muhammadiyah 1 Kota Malang. (Foto: Mita/Humas ITN Malang)
Mengenal Potensi Bisnis Digital
Sementara, Ketua Prodi Bisnis Digital S-1, Dr. Agung Panji Sasmito, S.Pd., M.Pd., secara langsung memberikan informasi lengkap tentang profil prodi, dan potensi karir lulusan. “Siswa juga mendapat materi yang disampaikan oleh dosen, mahasiswa, dan alumni,” ujarnya.
Materi yang disampaikan meliputi hal-hal praktis seperti pembuatan video produk, video dokumenter, dan Business Model Canvas (BMC). Alumnus terbaik Bisnis Digital, Balqis Bintang Paramita turut memberikan demo mata kuliah, termasuk database, Object-Oriented Programming (OOP), desain web, dan konten planner.
“Semoga, melalui kegiatan ini, masyarakat, terutama siswa, dapat mengetahui mata kuliah dan materi di Bisnis Digital ITN Malang, sehingga prodi ini semakin dikenal luas,” harap Agung.
Penguatan Relevansi Kampus ITN Malang
Wakil Kepala Bidang Humas Mamumtaza, Slamet Riadi SPd, menilai outing class ini cukup efektif karena siswa mengunjungi kampus yang menjadi pilihan mereka, sehingga memberikan daya tarik dan pemahaman yang lebih baik.
Khusus mengenai Bisnis Digital, Slamet Riadi menekankan pentingnya saat ini menguasai digital marketing. “Jurusan Bisnis Digital, kalau melihat kondisi saat ini, sangat menarik. Memasarkan produk sudah beralih dari konvensional ke digital. Digital marketing memiliki peluang yang besar,” ujarnya.
Ia berharap pengetahuan ini tidak hanya didapatkan mahasiswa, tetapi juga dapat disalurkan ke masyarakat melalui pelatihan. Kegiatan secara keseluruhan diharapkan dapat memberikan bekal minimal yang memadai bagi siswa Mamumtaza dalam menentukan pilihan studi lanjut mereka. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)