Upacara Hardiknas, Rektor ITN Malang: Kampus Adalah Terminal Terakhir Cetak Generasi Berkualitas

itnmalangnews.id – Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menegaskan posisi Perguruan Tinggi (PT) dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Menurutnya PT merupakan terminal terakhir untuk mencetak generasi yang berkualitas. Hingga kemudian kembali terjun terjun ke masyarakat. “Makanya di PT mengharuskan riset dan pengembangan teknologi sebagai bekal para generasi,” terang Lalu dalam sambutannya di upacara peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Rabu (2/5).

Upacara-Hardiknas-Rektor-ITN-Malang-Kampus-Adalah-Terminal-Terakhir-Cetak-Generasi-Berkualitas

Pria asal Lombok itu menambahkan bahwa saat ini di negara-negara maju kualitas PT menjadi salah satu ukuran kemajuan negaranya. Karena dalam PT dilakukan riset-riset dan pengembangan teknologi yang digunakan untuk mencapai kesejahteraan masyarakatnya. “Hal ini terbukti dimana negara-negara maju mengandalkan riset-risetnya dan hasilnya yang dipublikasi di jurnal-jurnal internasional,” lanjut alumni Universitas Teknologi Malaysia (UTM) tersebut.

Kemudian, tak kalah pentingnya melihat peran PT dimana saat ini dunia sudah berada pada revolusi 4.0. Dalam revolusi ini teknologi begitu mendominasi khususnya teknologi informasi, pola hidup sudah internet of thing, super computer, dan artificial intelligent. “Revolusi ini menjadi tantangan bagi PT, jika tidak, maka PT tidak akan menyentuh persoalan sosial, PT harus sensitif perubahan masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Rektor ITN Malang : Dekatkan Riset pada Industri Guna Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat

Baca juga: ITN Malang Teken Kerjasama Dengan Kampus Asal Jepang

Lebih jauh, Lalu menyatakan bahwa era ini akan penuh dengan turbulensi dengan coraknya yaitu globalisasi dan internasionalisasi. Dengan demikian Sumberdaya Manusia di PT harus dapat beradaptasi, jejaring akademik harus dikembangkan hingga ke level internasional, dan kolaborasi dengan akademisi-akademisi internasional. (her)

(Visited 78 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *