Tiga Kelurahan Masuk 10 Besar Lomba Kampung Tematik Kota Malang Didampingi ITN

itnmalangnews.id – Tiga dari sepuluh kelurahan yang didampingi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dalam ajang lomba kampung tematik Kota Malang berhasil masuk sepuluh besar. Tiga kampung tersebut di antaranya Klojen, Merjosari, dan Tunjungsekar. Ketiganya berhak mendapatkan kesempatan presentasi final di Balai Kota Malang untuk kemudian dipilih juaranya.

tiga-kelurahan-masuk-10-besar-lomba-kampung-tematik-kota-malang-didampingi-itnSetiap kampung ini mengusung konsep yang berbeda-beda satu sama lain. Klojen membawa kekhasan jenis-jenis makanan yang ada di situ sehingga konsepnya disebut Kampung Kuliner Heritage. Merjosari mengusung keragaman masyarakatnya, dan memberi nama diri Kampung Pelangi. Sementara, kampung Tunjungsekar dengan ke khasan bambu-bambu yang ada di sekitar kali Mewek lalu menyebut diri kampung Bamboo Mewek. Kampung yang terakhir ini pada akhirnya berhasil menjadi sang juara.

Ir. Suryo Tri Harjanto, MT, pendamping kampung pelangi menceritakan bagaiman dirinya bersama tim merumuskan konsep kelurahan bependuduk 1156 itu. Menurutnya, sebelum diputuskan dia bersama masyarakat melakukan beberapa kali diskusi. Dari diskusi itulah ditemukan kekhasan daerah Merjosari. “Rupanya di kampung seluas 17 itu, masyarakatnya beragam dari Jawa hingga Papua ada. Karena itu keberagaman itu kami tangkap sebagai pelangi yang indah,” terang dosen Arsitektur tersebut saat ditemui di lokasi acara presentadi di Balai Kota.

Makna pelangi dalam istilah itu, imbuh Suryo, tidak hanya merujuk pada keragaman suku saja, tetapi juga berbagai bentuk taman yang akan diwujudkan juga akan membentuk pelangi. Karenanya, ada taman merah, kuning, merah, hijau dan seterusnya. “Nah ketika keragaman diwadahi, keindahan juga direalisasikan. Maka Pelangi berarti juga pemukiman layak tinggal dan huni,” tutur pria yang juga alumni ITN Malang itu. (her)

(Visited 449 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *