Teknik Lingkungan ITN Malang Kembangkan Pengolahan Limbah

itnmalangnews.id – Pengembangan pengolahan limbah merupakan salah satu fokus yang terus dikembangkan oleh jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Hadian Adi Purnomo, salah satu mahasiswa Teknik Lingkungan, saat ditemui di kampus I, Rabu (7/2).

Teknik Lingkungan ITN Malang Kembangkan Pengolahan LimbahMenurut pemuda yang akrab disapa Hadian tersebut, menjadi mahasiswa Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang merupakan suatu kebanggan baginya. Mahasiswa yang kini duduk di semester  tiga itu menegaskan bahwa jurusan Teknik Lingkungan adalah pilihan terakhir,  dan ternyata di situ dirinya mendapat banyak ilmu baru. “Selain tentang pengolahan limbah, kami juga mendapat mata kuliah manajemen lingkungan, perencanaan sistem drainase, dan perencanaan air bersih. Semua pelajaran ini menyenangka,” kata mahasiswa asli Malang tersebut.

Selain itu, Hadian juga menyatakan bahwa hal yang terpenting di jurusan Teknik Lingkungan adalah harus dapat menguasai ilmu Fisika dan Kimia. Kedua pelajaran ini sangat menunjang bagi perkembangan tentang lingkungan. “Fisika untuk melakukan perencanaan sedangkan Kimia untuk pengolahannya,” tutur pemuda berhobi mendaki gunung tersebut.

Baca: Resik-Resik Kali Mewek di Hari Peduli Sampah Nasional, Mahasiswa ITN Malang Berbaur dengan Komunitas

Baca: Mahasiswa ITN Malang Ngebor Biopori di Tunjungsekar

Sejauh ini, dirinya telah melakukan beberapa praktek berkaitan dengan lingkungan, salah satunya praktek pengolahan air.  “Dalam praktek ini kita berupaya menjernihkan air yang nantinya bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” lanjut dia.

Dalam kesempatan tersebut, Hadian tak lupa menjelaskan terkait prospek jurusan Teknik Lingkungan kedepannya. Bagi dia perbaikan lingkungan pasti dan harus dilakukan pemerintah dan masyarakat dan tentu saja orang teknik lingkungan dibutuhkan di situ. “Salah satunya untuk perbaikan atau remidiasi bekas tambang logam atau batu bara,” kata dia.(afr/her)

(Visited 413 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *