Teknik Kimia ITN Malang Menghias Sekolah di Gajahan

itnmalangnews.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memiliki program kerja bertajuk Sobo Deso. Tujuannya adalah untuk mendidik mahasiswa Teknik Kimia di lingkungan eksternal dengan cara terjun ke masyarakat. Tahun ini, desa yang dituju adalah Dusun Gajahan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Minggu (28/04).

Teknik Kimia ITN Malang Menghias Sekolah di Gajahan

Kakak mahasiswa dan adek-adek foto bersama di ruangan yang sudah dicat dan dihias dengan gambar. (Foto: Istimewa)


Gajahan dipilih karena kondisi desa yang belum begitu berkembang. Taraf pendidikan warga pun kebanyakan masih SMP dan SMA. “Pendidikan tertinggi masyarakat di sana adalah SMP dan SMA, sedangkan sehari-hari mereka bermatapencaharian sebagai pedagang. Kami rasa desa ini masih butuh pengembangan wawasan,” ujar Adrian Muhammad Zuhdi salah satu anggota HMTK.

Kegiatan yang dilakukan para mahasiswa di sana adalah kerja bakti dengan masyarakat setempat. Mereka membersihkan jalan desa dan selokan, memotong rumput, serta membenahi sekolah. Di Dusun Gajahan terdapat sekolah tingkat dasar yang dibangun atas swadaya masyarakat. Gedung sekolah tersebut belum memiliki plafon atap dan belum diplamir. Sejauh ini ada dua kelas dan satu kantor. Pembenahan yang dilakukan yakni mengecat tembok serta menghias tembok dengan gambar-gambar.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Mahasiswa Teknik Industri Bakti Sosial di Gajahrejo

Baca juga: Ibu-Ibu Antusias Membuat Sabun, Anak-Anak Ekspresikan Kreatifitas dengan Lomba

Selama pembenahan, anak-anak sekolah menonton kegiatan mereka. Rekan Adrian, Feri Darmawan Sabastian Sinaga, mengungkapkan kegembirannya menyaksikan respons para pelajar. “Adik-adik ikut ke sekolah dan melihat kami yang sedang kerja bakti, pas itu kan libur hari Minggu. Setelah pembenahan selesai mereka kelihatan senang sekali. Apalagi cat dengan warna cerah dan gambar-gambar memang menarik bagi anak kecil,” tuturnya.

Kegiatan Sobo Deso tidak hanya dilangsungkan selama sehari. Rabu (01/05), mereka akan datang kembali ke desa yang sama. (ata)

(Visited 172 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *