Teknik Kimia 2017 Studi Ekskursi ke Empat Kota

itnmalangnews.id – Selama lima hari, Senin—Jumat (22—26/07), Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang melaksanakan Studi Ekskursi ke empat kota. Empat kota tersebut adalah Mojokerto, Indramayu, Bandung, dan Yogyakarta. Studi Ekskursi diikuti oleh sebanyak 29 mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2017. Destinasi mereka meliputi PT Energi Agro Nusantara Mojokerto, Pertamina Refinery Unit VI, Balongan, Indramayu, Program Studi Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB), dan PSTA Batan Yogyakarta.

Teknik Kimia 2017 Studi Ekskursi ke Empat Kota

Reaktor Kartini, salah satu objek yang dikunjungi peserta Studi Ekskursi Teknik Kimia ITN Malang. (Foto: Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) for itnmalangnews.id)


Di PT Energi Agro Nusantara Mojokerto, mereka mendapatkan presentasi pabrik lalu diajak berkeliling. Di sini peserta dapat melihat langsung alat-alat produksi bioetanol. Berlanjut ke Pertamina Refinery Unit VI Indramayu, mereka melakukan aktivitas serupa. Usai makan siang, mereka berkeliling menyaksikan peralatan pengolahan minyak yang berukuran sangat besar.

Kemudian lokasi kunjungan berikutnya adalah Program Studi Teknik Kimia ITB. Para peserta menyimak presentasi prodi, berdiskusi dengan himpunan, lalu diajak tur ke beberapa laboratorium. Mereka juga menengok riset ITB mengenai pabrik katalis.

Kunjungan terakhir berlabuh pada PSTA Batan untuk melihat reaktor nuklir dan menelaah lebih jauh pengetahuan seputar nuklir. Ahmad Mujahid, peserta Studi Ekskursi menemukan hal menarik di sini. Hal tersebut tidak lain adalah Reaktor Kartini. “Reaktor Kartini ternyata merupakan rakitan bangsa Indonesia sendiri. Karya ini bermanfaat bagi bangsa dan ilmu pengetahuan,” terangnya.

Baca juga: Nilai Tinggi Tidak Menjamin Lolos Kerja, Ini Tips ala Alumni Teknik Kimia

Baca juga: Inilah Juara II dan III Olimpiade Teknik Kimia ITN Malang

Mahasiswa asal Malang ini lantas berharap Studi Ekskursi akan menambah kesiapan insan Teknik Kimia ITN Malang. Beragam ilmu yang diperoleh juga diharapkan mampu meningkatkan semangat mahasiswa. “Semoga kami lebih siap dan berpengetahuan lebih mengenai proses engineering sehingga kami semakin semangat belajar. Semoga kami juga semakin termotivasi dalam hal keorganisasian setelah berkunjung ke Prodi Teknik Kimia universitas lain,” ujar Mujahid. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 290 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *