Teknik Elektro ITN Malang Adakan Konferensi Internasional

itnmalangnews.id – Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar konferensi internasional 4th International Conference on Electrical Systems, Technology and Information (ICESTI 2019) di Bintang Bali Resort Hotel, Kuta, Bali, pada 24—27 Oktober 2019. ITN Malang berkolaborasi dengan Universitas Kristen Petra, Universitas Ciputra, dan Universitas Dongseon Finlandia sebagai penyelenggara.

TeknikElektro ITN Malang Adakan Konferensi Internasional

Baca juga: www.itn.ac.id

ICESTI tersebut adalah konferensi internasional tahunan yang diinisiasi pada tahun 2014 oleh Universitas Kristen Petra. Konferensi ini diikuti oleh para dosen, para peneliti, para profesional/pakar dalam bilang power, electronics, control, ICT, dan IoT.

Bagi General Conference Chairman, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham LOMI, MSEE, ICESTI 2019 terasa istimewa sebab dihadiri oleh delegasi riset kolaborasi empat negara. Terlebih lagi, perwakilan dari ITN Malang yang diamanahi oleh Kemenristekdikti untuk menjalankan tugas tersebut.

Empat delegasi negara tersebut antara lain: Indonesia dengan PI Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE (Institut Teknologi Nasional Malang), Jepang dengan PI, Prof. Yosuke Nakanishi (Japan Science and Technology Agency), Philippines dengan PI, Prof. Noel Estoperez (Department of Science and Technology), dan Thailand dengan PI Dr. Udom Lewlomphaisarl (National Science Technology Agency).

“Riset kolaborasi empat negara ini dimulai sejak tahun 2017. Kami mengagendakan kick-off meeting di Waseda University, Tokyo tahun 2017. Lalu dilanjutkan di Krabi, Thailand, dan,University of the Philippines, Manila pada tahun 2018,” beber Prof Lomi akrab disapa.

Para delegasi dan beberapa peserta konferensi mendapat kesempatan berkunjung ke PT PLN (Pesero) Distribusi Bali di Denpasar dan kunjungan lapangan ke pembangkit PV 1 MW di Bangli. Mereka disambut oleh General Manager PT PLN (Perseo) Area Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa. Nyoman lantas mempresentasikan tentang kondisi listrik di Bali.

Kebutuhan daya listrik di pulau Bali terus ditingkatkan melalui penambahan sumber energi terbarukan dan merupakan kebijakan dari pemerintah. Indonesia juga memiliki 2 pembangkit PV baru masing-masing 25 MW di Bali Utara dan Bali Selatan yang akan beroperasi pada tahun 2020,” paparnya.

Baca juga: ITN Malang Delegasikan Empat Mahasiswa Internasional dalam Kongres Indonesianist se-Dunia

Baca juga: Perkuat Kompetensi Lulusan, Teknik Elektro Industri D IV ITN Malang Adakan Sertifikasi Profesi Skema Operator Connecting

ICESTI 2019 ini menghadirkan 4 keynote speaker yaitu: Prof. Yosuke Nakanishi dari Universitas Waseda, Jepang; Prof. Giovanni Berselli dari Universitas Genoa, Italia; Prof. Kim Dong-Seong dari Kumoh Institute of Technology, Korea Selatan; Profesor Hery Mauridhi dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Indonesia dan 1 invited speaker, Dr. Mithulananthan Nadarajah dari Universitas Queensland, Australia.

Pembicara tersebut mengemukakan trend pengembangan teknologi di bidang power, ICT, robotika, control, dan energi terbarukan. Sesi utama tersebut disertai dengan sesi paralel untuk 60 paper yang dilaksanakan selama 2 hari. (ata)

(Visited 202 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *