Target Dosen ITN Malang Bergelar Doktor 45 Persen: ITN Tambah 48 Dosen Muda

ITNMALANGNEWS.COM – Mengantisipasi jumlah rasio dosen ITN Malang dan jumlah mahasiswa yang ideal, yang belakangan membuat beberapa kampus di Jawa Timur, termasuk di Malang sendiri dibekukan, ITN Malang merekrut sebanyak 48 dosen muda. Hal ini tampak dalam acara penyerahan Surat Keputusan  (SK) oleh pihak ITN kepada dosen bersangkutan pada Rabu (7/10) lalu di Aula kampus I. “Hari ini ada 32 dosen yang di-SK, sebelumnya ada 16 dosen, jadi total 48 orang,” terang Dr.Ir.Lalu Mulyadi,MT, rektor ITN Malang saat ditemui di ruang kerjanya.

target-dosen-itn-malang-bergelar-doktor-45-persen-itn-tambah-48-dosen-muda

Dengan demikian jumlah total dosen ITN Malang mencapai 205 yang sebelumnya 157 orang. Angka ini jika di rasiokan dengan jumlah mahasiswa ITN yang kira-kira 4000 an orang, maka sudah sesuai dengan rasio dosen-mahasiswa yang diatur oleh kementerian riset dan teknologi yaitu 1: 30. Artinya 1 dosen untuk 30 mahasiswa dalam suatu kampus. “Malah dengan penambahan ini rasionya tidak lagi 1:30, tetapi 1:29,” tukas alumni Universitas Teknologi Malaysia itu.

Rekrutmen untuk dosen ITN Malang ini, menurut pria yang akrab disapa Lalu tersebut sudah dilakukan berdasarkan aturan yang berlaku dan dilakukan secara terbuka. Sejumlah dosen baru ini berasal dari alumni ITN Malang sendiri dan dari luar, perbandingannya fifty-fifty. “Kalau dari ITN kansudah memiliki loyalitas, serta kecintaan terhadap ITN sudah terbentuk sejak kuliah. Sementara dari luar masih belum, untuk itu akan dilakukan pendekatan dan pembinaan,” ujar rektor asal Lombok tersebut. Memang sejauh ini ITN menerapkan pembinaan tenaga pendidik dan non-pendidik sebanyak dua kali dalam setahun.

Sementara berkaitan pilihan dosen muda ITN Malang, Lalu menyatakan bahwa dosen ITN Malang yang rata-rata baru lulus terbut memiliki potensi untuk melanjutkan studinya ke jenjang doktoral. Apalagi para dosen muda tersebut memiliki IPK (Indeks Prestasi Komulatif) yang baik. Lima tahun ke depan ITN mentargetkan ada 40 persen dosen berjenjang doktoral. Selama ini dosen doktoral yang sudah lulus mencapai 15 persen saja. “Selain itu, ada yang masih dalam proses menempuh jenjang doktoral sebanyak 30 dosen baik di dalam maupun luar negeri. Untuk itu, setelah NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) dosen ITN Malang yang baru ini keluar mereka akan didorong kuliah lagi,” lanjutnya. (her)

(Visited 567 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *