Suasana Salat Iduladha 1440 H di ITN Malang

itnmalangnews.id –  Seperti tahun-tahun sebelumnya, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyelenggarakan salat Iduladha di lapangan depan Kampus 1 ITN Malang, Sabtu (11/08). Rangkaian salat ini berlangsung sejak pukul 06.00 WIB hingga 07.30 WIB. Dalam penyelenggaraannya, ITN Malang bekerja sama dengan Masjid Muhajirin, Jalan Sigura-gura, Malang. Di internal ITN Malang sendiri, mahasiswa ikut dilibatkan dengan dikoordinir oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Islamiyah (LDI) ITN Malang.

Suasana Salat Iduladha 1440 H di ITN Malang

Suasana Usai Salat Iduladha 1440 H di Kampus I ITN Malang, Jalan Bendungan Sigura-Gura No 2. Kota Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Jamaah yang hadir dapat memenuhi tempat yang tersedia. Adrian Muhammad Zuhri, Ketua Umum LDI ITN Malang mendeskripsikan lokasi salat Iduladha. “Tempat salatnya di lapangan depan dan sampai gedung rektorat, tetapi masih terkondisikan. Masjid-masjid tetangga seperti Muhajirin dan As-Salam tidak mengadakan salat Iduladha, sehingga masyarakat sekitar kampus juga ikut salat di ITN Malang, jadi jamaah bukan hanya warga ITN Malang,” tutur Adrian, Sabtu (11/08).

Jamaah juga mendapatkan khotbah Iduladha yang diberikan oleh Ir. Iqbal Qurniadi, sedangkan Imam solat oleh Ustadz Arwandi Mustamin. Isi khotbah seputar ibadah kurban, pengertian kurban, hingga sejarah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang melaksanakan perintah Allah SWT untuk berkurban.

Mengenai jalannya salat Iduladha tahun ini, Adrian berharap akan tercipta ukhuwah dan silaturahim yang lebih erat. Ia tidak ingin setiap elemen merasa terkotak-kotak. “Semoga silaturahim semakin terjalin, baik antara dosen, karyawan, mahasiswa, serta ITN Malang dengan masyarakat,” harapnya.

Baca juga: ITN Malang Gelar Sholat Idul Adha 1439 H, Jamaah Padati Semua Ruang Terbuka

Baca juga: 26 Peserta Diuji Hafalan Al-Quran dalam Ajang Bergengsi ITN Islamic Festival

Salat Iduladha kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Usai membereskan lokasi salat Iduladha, para panitia pun meluncur ke kampus 2. Hal ini dikarenakan sejak beberapa tahun sebelumnya hewan kurban selalu disembelih di Kampus 2 ITN Malang. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 109 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *