SMA Negeri Taruna Nala Jatim Presentasikan Pengolahan Rumput Laut Sebagai Ketahanan Pangan

itnmalangnews.id – Setelah melalui beberapa tahap seleksi akhirnya lima tim dinyatakan berhak mempresentasikan karyanya dalam acara Chemical Enginering Olympic yang diselenggarakan oleh teknik kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Lima tim itu di antaranya: tiga tim dari SMAN 3 Malang dan dua tim dari SMA Negeri Taruna Nala Jatim. Olimpiade kimia ini digelar di ruang serba guna.

Salah presentasi yang menarik perhatian audien adalah dari SMA Negeri Taruna Nala. Tim ini mepresentasikan tentang teknologi pengelohan pangan, yaitu rumput laut (echeuma spinosum). Menurut juru bicara tim, Riza Agung Pribadi, pemilihan tema ini didasarkan pada kondisi Indonesia sebagai negara maritim. “Indonesia memiliki laut yang sangat luas, potensi rumput launya sangat baik,” kata dia.

SMA Negeri Taruna Nala Jatim Presentasikan Pengolahan Rumput Laut Sebagai Ketahanan PanganNamun, imbuh Riza, pengelolaan rumput laut sebagai salah satu alternatif pangan masih ala kadarnya, belum maksimal. Padahal jika pengolahan rumput laut dapat maksimal sangat mungkin sekali masyarakat Indonesia tidak akan kekurangan pangan. “Setelah diolah menjadi olahan, pengembangan selanjutnya belum banyak dilakukan,” kata dia.

Karena itulah, pihaknya bersama dua rekan lainnya, yaitu M. Aldiki dan Adhelene Bellinda mencoba memberi nilai tambah terhadap olahan rumput laut. Beberapa di antara olahan lanjutan yang dihasilkan berupa  krupuk rumput laut, selai, dodol, dan manisan. “Sebelum diolah menjadi berbagai jenis makanan ini, kami harus menghilangkan dulu bau amisnya, biar pembeli tertarik,” kata dia. (her)

(Visited 167 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *