Rektor ITN Malang: Pembangunan Pura untuk Pembangunan Karakter Bangsa

itnmalangnews.id – Menurut Dr.Ir. Kustamar, MT, pembangunan pura bukan hanya untuk umat Hindu, tapi untuk Indonesia. Sebab, tempat ibadah merupakan sarana membangun karakter penerus bangsa. “Saat kita membangun pura artinya kita juga membangun karakter bangsa,” ujar Kustamar usai meletakkan batu pertama pembangunan pura di kampus II ITN Malang, Kamis (04/04).

Rektor ITN Malang Pembangunan Pura untuk Pembangunan Karakter Bangsa

 Dr.Ir. Kustamar, MT saat meletakkan batu pertama pembangunan pura ITN Malang. (foto: Yanuar/Humas ITN)


Rektor asal Blitar tersebut menyatakan bahwa ketika semua tempat ibadah sudah jadi, terdapat tantangan baru yaitu agar semua umat beragama bisa berjalan bareng. “Saya yakin semua akan berjalan baik. Toleransi bisa kita bangun dan pendidikan karakter ini harus berlangsung terus menerus dalam jangka waktu lama agar terbiasa. Nanti mari kita saling mengundang ke acara masing-masing untuk memperkuat kebersamaan. Sembari berjalan, pendidikan tata kelola harus diperbaiki oleh lembaga,” terangnya.

Baca juga: Digelar di Kampus II ITN Malang, Perayaan Dharma Shanti Nyepi diawali Peletakkan Batu Pertama Pura

Baca juga: Wisuda ke-61 Rektor ITN Malang Pertegas Mahasiswa Unggul dalam SDM

Toleransi harus dibangun khususnya di ITN Malang, karena ada saja pihak yang ingin memecah belah bangsa. Kustamar juga menyatakan keprihatinan pada pola pikir segelintir orang. “Sekarang berguru ada banyak sumbernya. Ada yang entah kualitasnya seperti apa, tapi semua langsung percaya. Padahal kita harus skeptis dan selalu belajar,” tutup Kustamar. (ata)

(Visited 80 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *