Rasanya Wow! Minuman Serbuk Terong Belanda Plus Pepaya California Karya Mahasiswa ITN Malang

itnmalangnews.id – Mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bereksperimen melalui suatu riset membuat minuman serbuk instan. Yang mana minuman ini dihasilkan dari berbagai campuran buah sehingga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Beberapa buah yang di-mix di antaranya: terong belanda, pisang ambon, labu kuning, dan pepaya california. “Kami awalnya penasaran saja dengan buah-buah itu, lalu kami mencoba membuatnya menjadi minuman instan,” terang Rovita Ika Aryanti, salah satu anggota tim pembuatan minuman tersebut saat ditemui di ruang humas, Selasa (24/7).

Rasanya-Wow-Minuman-Serbuk-Terong-Belanda-Plus-Pepaya-California-Karya-Mahasiswa-ITN-Malang

Rovita, sapaan akrabnya, juga menjelaskan bagaiman proses pembuatan minuman serbuk tersebut. Mula-mula labu kuning dikukus kamudian dicampurkan dengan semua buah-buahan yang telah dipilih. Bahan-bahan tersebut dihancurkan, lalu ditambah tween 80, dextrin, dan sukrosa. Setelah tercampur dimixer hingga menghasilkan busa. “Busanya banyak, karena memang kita menggunakan metode foam mat draying,” terang dara asli Malang tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Prestasi Mahasiswa, ITN Malang Gandeng Kemenristek Dikti Gelar Sosialisasi PKM

Kemudian busa diambil dan dikeringkan pada suhu 55 derajat. Proses pengeringan menggunakan cabinet dryer. Setelah itu jadilah serbuk minuman segar yang bisa dicampurkan dengan air baik dingin maupun hangat. Minuman ini sangat baik karena mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang didapat dari campuran buah. “Dan yang terpenting, minuman ini tanpa bahan pengawet, jadi sangat sehat. Rasanya juga enak, paduan rasa buahnya sangat terasa,” kata dia.

Gallery terkait: Delapan Tim PKM ITN Malang Dimonitoring dan Dievaluasi

Hasil riset tersebut berhasil lolos Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Dikti dengan judul “Mister Mix Fruit Tebu Pipa California” (Minuman Serbuk Instan Campuran Buah Terong Belanda, Pisang Ambon, Labu Kuning, dan Pepaya California). Rovita ditemani oleh dua  orang lainnya yaitu Azmii Mufiidah dan Ismiyatul Mahmudah. (her)

(Visited 313 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *