Peringati Hari Sungai Nasional, Masyarakat Malang Bersih Sungai Amrong

itnmalangnews.id – Komitmen aksi lintas komunitas masyarakat Malang Raya untuk membersihkan sungai setiap Minggu terus berjalan. Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang tidak absen mengirim warganya untuk berpartisipasi. Minggu ini giliran mahasiswa dan dosen Teknik Sipil serta Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT, Minggu (28/07). Kegiatan dilakukan di sepadan Sungai Amrong, Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang. Di Sungai Amrong terdapat bangunan air yang disebut rolak, fungsinya untuk pengambilan air irigasi.

Peringati Hari Sungai Nasional, Masyarakat Malang Bersih Sungai Amrong

Rektor ITN Malang (tengah, jaket abu-abu) berpartisipasi dalam Susur Kaji Piranti Kali. (Foto: Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) for itnmalangnews.id)


Ada yang lain dari kegiatan minggu ini. Aksi bersih Sungai Amrong dan tanam pohon juga menjadi peringatan Hari Sungai Nasional bertema ‘Susur Kaji Piranti Kali’. Wali Kota Malang, Sutiaji turut hadir didampingi oleh instansi terkait.

Antusiasme tinggi dirasakan oleh Amulia Pranata Putri Pramita, Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) ITN Malang yang mengikuti aksi. Dia menilai gotong royong antara masyarakat dan para relawan berlangsung harmonis. “Kami pun semakin tersadarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan serta lebih peduli pada lingkungan. Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi?” ujarnya.

Di saat mahasiswa membersihkan sungai, rektor dan dosen Teknik Sipil ITN Malang menyusuri sungai sekitar 300 meter ke arah hilir. Kustamar mengamati potensi yang dimiliki oleh sungai ini. “Amrong punya tiga terjunan sungai dan debit airnya cukup deras. Ini sangat potensial untuk pembangkit listrik mikrohidro. Jadi, sangat cocok untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” tutur Kustamar.

Baca juga: Rektor ITN Malang: Akademisi Sebatas Edukasi, Pemberdayaan Perlu Campur Tangan Pemerintah

Baca juga: Mahasiswa Teknik Lingkungan ITN Malang Bersih-bersih Sungai Kampung Putih

Sungai Amrong dan Rolak juga memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan. Rektor ITN Malang siap mengirim prodi terkait ke sana. “Kami lihat memang cocok untuk wisata air. Malah, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rolakku Indah meminta bantuan desain wisata kepada ITN Malang. Nanti kami kirim Arsitektur dan Teknik Sipil untuk pengembangan wisatanya. Namun baik itu bersih sungai atau wisata perlu peran kebijakan pemerintah agar semakin berkembang,” imbuhnya. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 83 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *