Pembuat Aplikasi Ensiklopedia TOGA Jadi Salah Satu Wisudawan Terbaik

itnmalangnews.id – Berada jauh dari keluarga membuat pemuda asal Kalimantan ini tidak menyia-nyiakan kesempatan saat kuliah di ITN Malang. Ini terbukti pada akhir studinya tidak hanya gelar akademik S-1 yang ia peroleh, namun juga berhasil menjadi salah satu wisudawan terbaik. Ini tentunya menjadi hadiah terindah bagi kedua orang tuanya. Ialah Irwan Anggara wisudawan terbaik dari Prodi Teknik Elektro Konsentrasi Teknik Komputer S-1 ITN Malang dengan IPK 3.77.

Pembuat Aplikasi Ensiklopedia TOGA Jadi Salah Satu Wisudawan TerbaikSelama menjadi mahasiswa ITN Malang pemuda kelahiran Buntok, 03 April 1995 ini pernah mengikuti beberapa project. Salah satunya saat diajak dosen dalam pengabdian masyarakat dengan membuat aplikasi ensiklopedia tanaman obat keluarga (TOGA). Aplikasi berbasis android ini digunakan oleh warga Tasikmadu untuk melihat khasiat obat pada tanaman.

Baca: Irwan Anggara, Wisudawan Terbaik Jago Membuat Aplikasi

Baca: Enam Wisudawan Terbaik ITN Malang Penginspirasi

Pengalaman yang paling berkesan saat ia harus mempresentasikan karyanya di depan ibu-ibu Tasikmadu. Ia harus bisa menjelaskan secara gamblang dan jelas agar ibu-ibu mengerti dan faham. “Teryata ibu-ibu di sana malah konsultasi mengenai penyakit tanaman kepada saya,” tutur Irwan biasa disapa, ia tercengang dengan respon ibu-ibu yang diluar ekspektasinya.

Dalam tugas akhirnya Irwan mengangkat judul “Analisa Perbandingan Quality of Service Jaringan Voice Over Internet Protocol (VoIP) dengan Sistem Enkripsi Virtual Private Network (VPN) Transport Layer Security (TLS) dan Securel Real-Time Transport Protocol (SRTP)”.

VoIP merupakan teknologi yang menggabungkan antara paket suara dengan data melalui teknik codec (encoder-decoder ) sehingga memungkinkan pengguna yang terkoneksi pada jaringan internet dapat melakukan panggilan suara atau video.

Irwan berharap penelitian ini memberikan pengetahuan baru dan mempermudah sistem komunikasi VoIP dengan pemanfaatan teknologi, biaya murah dan sangat mudah digunakan. (ruz/sar)

(Visited 303 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *