Parent Gathering ITN Malang, Bangun Komunikasi Jurusan dengan Orang Tua Mahasiswa

itnmalangnews.id – Komunikasi antara ITN Malang dengan orang tua mahasiswa baru sudah dimulai sejak dini dalam konsep parent gathering. Acara masih dalam satu rangkaian dengan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2016 yang digelar di fakultas masing-masing. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) di Kampus I, sedang Fakultas Teknologi industri (FTI) di Kampus II.

parent-gathering-itn-malang-bangun-komunikasi-jurusan-dengan-orang-tuaMenurut Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Ir. Anang Subardi, MT., tujuan diadakannya parent gathering ini untuk menyamakan persepsi antara fakultas dan orang tua. Dengan begitu juga akan ada komunikasi antara orang tua dan mahasiswa. “Mahasiswa ke ITN Malang pamit kuliah ke orang tua. Kalau orang tua tidak tahu menahu tentang masa studi dan aktifitasnya kan bisa rancu. Anak ke orang tua hanya minta uang saja, padahal diharapkan empat tahun S1 dan tiga tahun DIII harus sudah lulus, bahkan kalau perlu lulusnya lebih awal dari semestinya. Kasihan kalau mahasiswa sampai putus tengah jalan,” terang Dekan FTI saat ditemui itnmalangnews.id di sela-sela acarap parent gathering.

Dalam acara parent gathering orang tua bisa menjalin komunikasi langsung dengan masing-masing jurusan. Mereka juga dijelaskan tentang biaya-biaya selama anaknya kuliah di ITN Malang. Sedangkan cara pembayarannyapun tidak tunai melainkan melalui virtual account. Ini akan meminimalkan pelung membohongi orang tua. “Di sini orang tua akan lebih faham berapa biaya-biaya yang harus dipersiapkan selama anaknya kuliah di ITN. Misalnya biaya praktikum, biaya penelitian, skripsi, pembuatan alat. Apabila dalam berjalannya waktu orang tua kurang jelas bisa tanya langsung ke jurusan, lewat telepon, sms, email dll,” ungkapnya.

Acara ini disambut baik oleh orang tua mahasiswa. Ibu Sumasih orang tua dari Putra Alfian Resnawan mahasiswa teknik elektro S1 menuturkan, banyak informasi yang diberikan oleh jurusan. Tiap ada kegiatan semisal praktikum, penelitian berapa biaya yang dibutuhkan diminta langsung ditranfer ke rekening anak, jangan dikasihkan tunai agar tidak disalah gunakan anak. “Acara seperti ini sangat bagus sekali. Orang tua diberi kesempatan bisa langsung berkomunikasi dengan ketua dan sekertaris jurusan, diberi nomor telepon dan bisa bertanya apabila membutuhkan informasi. Anak juga diharapkan menyelesaikan kuliah tepat waktu. Kalau disiplin insyalalah bisa,” terang ibu asli Bululawang Malang ini pada itnmalangnews.id didampingi anaknya.  (sar)

(Visited 217 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *