Matrikulasi: Belajar Arsitektur sampai Entrepreneur

itnmalangnews.id – Program studi S-1 Arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengadakan matrikulasi perkuliahan, Rabu (11/09) sampai Jumat (15/09). Akan tetapi, materi yang disampaikan tidak melulu tentang arsitektur. Menurut Kaprodi Arsitektur, Ir. Suryo Tri Harjanto, MT, mahasiswa juga butuh kemampuan-kemampuan penunjang.

Matrikulasi Belajar Arsitektur sampai Entrepreneur

Mahasiswa Arsitektur S-1 menyimak pemaparan dari Happy Ika Hapsari. (Foto: Ata/itnnews)


Baca juga: www.itn.ac.id

“Selain penyetaraan pengetahuan, kami mencoba memberikan materi dari sisi lain. Contohnya sekarang ada materi entrepreneurship dan public speaking. Selama kuliah kan tidak lepas dari yang namanya presentasi,” jelasnya sebelum menambahkan jika kemampuan fotografi dan videografi pun sangat disarankan.

Salah satu pemateri matrikulasi adalah Happy Ika Hapsari, alumnus Arsitektur ITN Malang. Ia menyajikan materi tentang kewirausahaan. Happy kini terjun di bisnis kuliner, yakni cake dan pelatihannya. Perempuan asal Surabaya ini merintis bisnisnya di kampung halaman.

Menurut Happy, kemampuan berwirausaha penting bagi mahasiswa. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang peluang pun makin terbuka. “Entrepreneurship itu penting banget, lebih baik dimulai sedini mungkin. Kan kita bisa membuka lapangan kerja baru sehingga lebih bermanfaat untuk masyarakat. Tidak harus usaha yang sesuai jurusan asal buat kita enjoy. Gadget dan internet bisa digunakan untuk mendukung usaha kita,” terang alumnus angkatan 1994 tersebut.

Penyelenggaraan matrikulasi arsitektur ini ternyata bekerja sama dengan para alumni. Prodi menggandeng Ikatan Alumni Arsitektur Angkatan (IAAI) 1994. Tahun 2019 merupakan ketiga kalinya berkolaborasi dengan mereka.

“Tentu harapan kami adalah makin terjalinnya komunikasi antara prodi dan alumni. Rencananya, November ini akan ada kegiatan lagi. Kalau mengenai matrikulasinya, semoga para mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang bermanfaat,” tukas Kaprodi. (ata)

(Visited 193 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *