“Manusia dan Alam” Karya Ade Putra Agus Kurniawan Juara Lomba Fotografi

itnmalangnews.id – “Manusia dan Alam” saling terkait dalam segala hal. Serpihan dari alam kerap dinikmati dalam bentuk wisata. “Tapi sebagian manusia suka mengotori tempat wisata. Saya ingin menyampaikan jika kita harus menjaga alam,” ucap Ade Putra Agus Kurniawan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Mahasiswa Teknik (Format) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Selasa (17/12), saat ditemui di Ruang Humas ITN Malang.

Manusia dan Alam Karya Ade Putra Agus Kurniawan Juara Lomba Fotografi

Ade Putra Agus Kurniawan memenangkan lomba fotografi Black Event Project Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (Foto: UKM Format for itnmalang_news)  


Baca juga: www.itn.ac.id

Pemuda kelahiran Tulungagung ini menyiratkan pesan lewat jepretan berjudul serupa, “Manusia dan Alam”. Mengambil latar Tumpak Sewu, tampak seorang pemuda berdiri menghadap air terjun. Foto tersebut adalah jepretan spontan Ade begitu menyaksikan pesona Tumpak Sewu saat berlibur bersama temannya beberapa waktu lalu. Siapa sangka karya spontan Ade memenangkan lomba fotografi yang diselenggarakan oleh Black Event Project Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (15/12).

Meski sekadar foto jalan-jalan, Ade tidak main-main dalam mengambilnya. Berbekal kamera mirrorless, mahasiswa Teknik Informatika semester 5 ini berusaha menemukan sudut yang pas sembari berhati-hati pada cipratan air.

“Fotonya saya buat blur di depan alias foreign ground. Tujuannya biar yang lihat langsung fokus, tidak ke kanan kiri. Bingkai foto dari daun sekitar. Menurut saya kalau cuma foto objek dan latar sudah biasa. Saya memilih portrait karena kalau pakai landscape cahaya bocor di bagian samping,” jelas Ade.

Baca juga: “Menatapmu” Menjadi Foto Terbaik dalam Pameran Forum Komunikasi Fotografi Malang

Baca juga: Iris si Selaput Pelangi, Ajang Pameran Fotografi yang Bertanggung Jawab

Foto Ade dianggap mampu menunjukkan pesona Malang yang menjadi tema lomba. Adapun pesona-pesona Malang yang ditunjukkan oleh peserta lain contohnya Jodipan, Pasar Besar, dan Alun-alun Tugu. Ade sendiri mengirimkan dua foto, foto kedua diambil di Coban Pelangi.

Tahapan lomba yang diikuti terbilang singkat. Usai submit foto online, hasil diumumkan dan diadakan pameran di Gooddank Warkop, Merjosari. Ade berharap kemenangan yang ia dapatkan menjadi motivasi untuk terus menempa diri. “Saya senang, ini piala pertama saya,” komentar Ade. (ata)

(Visited 231 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *