Lestarikan Budaya, Guru SMP Muhammadiyah 08 Batu Ikuti Pelatihan Membatik

itnmalangnews.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengadakan pelatihan membatik  bersama 20 guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 08 Kota Batu, Minggu (04/11). Kegiatan ini melibatkan 12 mahasiswa Teknik Industri S-1 dan 1 dosen pendamping.

Lestarikan-Budaya-Guru-SMP-Muhammadiyah-08-Batu-Ikuti-Pelatihan-Membatik

“Pelatihan ini adalah program pengabdian masyarakat yang diadakan oleh rekan-rekan HMTI. Tujuannya untuk memberikan wawasan kepada guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 08 Batu tentang metode dan pola batik sekaligus edukasi budaya sandang masyarakat Jawa. Kami bersyukur mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini,” ujar Irgi Achmad Fahrezy, Ketua HMTI.

Mahasiswa asal Lombok ini menambahkan, semua peserta diajak untuk melakukan praktek langsung membuat batik, baik dari tahap pencantingan pola batik, pewarnaan, penjemuran, hingga pelorotan (membersihkan sisa malan/lilin yang menempel pada kain).

Baca juga: Berawal Kecintaan pada Candi, Rektor ITN Malang Prakarsai Batik Khas Malangan

Baca juga: Uniknya Batik Karya Arief Setyawan, Motifnya Aktifitas Kegiatan Planologi

“Pada tahap pewarnaan, kami melatih peserta dengan memakai 2 metode. Metode pertama disebut Naftol, yaitu perendaman dengan TRO dan Kostik, sementara metode kedua disebut Remasol, yakni pelapisan warna dengan waterglass,” imbuhnya.

Irgi berharap, kegiatan ini dapat menambah wawasan guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 08 Batu tentang pentingnya menjaga budaya dan kearifan lokal serta ilmu yang dihasilkan dapat ditularkan kepada siswa-siswinya maupun masyarakat sekitar. (mus)

(Visited 83 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *