Kembangkan Smarthome Lewat SMS, Riko Cahyo Prabowo Jadi Wisudawan Terbaik Teknik Listrik D3

itnmalangnews.id - Kebanyakan orang saat ini sering berada di luar rumah, ketika bepergian maka mereka akan kesulitan untuk mengontrol bahkan mematikan lampu rumah. Saat itu hanya ada dua pilihan, yakni menghidupkan lampu luarnya saja agar tidak terlihat gelap atau menghidupkan lampu dalam agar terlihat terang. Inilah keinginan Riko Cahyo Prabowo yang membuat tugas akhir dengan menciptakan pengontrol lampu dan keamanan melalui smarthome.

Kembangkan Smarthome Lewat SMS, Riko Cahyo Prabowo Jadi Wisudawan Terbaik Teknik Listrik D3Riko Cahyo Prabowo, sebut saja panggilan akrabnya Riko. Ia bertempat tinggal di Blitar, berasal dari keluarga yang berlatar belakang disipliner yang mampu mejadikannya seperti sekarang ini. Lulus dari Institut Teknik Nasional (ITN) Malang Prodi Teknik Listrik D-3 Riko berhasil meraih prestasi wisudawan terbaik dengan IPK 3,66.

Pemuda ramah ini dalam tugas akhirnya meghadirkan “Rancang Bangun dengan Security system menggunakan arduino berbasis SMS”.  Konsep SMS dalam smarthome rancangannya mengandalkan handphone sederhana baik 3G maupun 2G. Melalui handphone ini pengguna sudah bisa mengontrol rumah meskipun sedang bepergian. Bahkan, pemilik dapat mengendalikan lampu dan keamanan rumah lewat SMS. “SMA ini agar lebih ekonomis, efisien dan mudah penggunaannya dibandingkan wi-fi”, ujar laki-laki gagah yang berparas tampan ini.

Rancangannya ini menggunakan sensor tekan, fungsinya untuk mengontrol pengguna bila ada orang asing yang membuka pintu maupun jendela rumah. Kemudian dalam menghemat biaya SMS dan juga mempermudahkan untuk mengontrol, ia juga menggunakan grup SMS. Misalnya, grup A terdiri dari lampu teras, ruang keluarga dan lampu belakang. “Kalau menggunakan SMS satu persatu akan membutuhkan biaya yang mahal dan juga akan merepotkan”,  tutur jejaka asal Blitar ini. (Ruz)

(Visited 250 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

One comment

  • hanafi

    TA angkatan selanjutnya coba bisa mengembankan dan menyempurnakan yg ini,
    misalnya di buat cloud based, sensor rumah (status pintu/gerbang, suhu), Video security (CCTV) sama akses kontrol security rumah. sehingga nantinya layak jual di kepasaran.
    jd TA ga harus bikin sesuatu yang baru. bisa mengembangkan lebih advanced

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *