Kelanjutan Jejaring G3 dan Rencana Konservasi Air ITN Malang

itnmalangnews.id – Setelah silaturahmi terjalin dengan adanya Kuliah Tamu Teknik Lingkungan yang mengundang Kampung Glintung Go Green (3G) tempo hari, kini giliran Institut Teknologi Nasional (ITN) berkunjung ke kampung konservasi air 3G. Kunjungan dilakukan oleh Rektor ITN Malang Dr.Ir. Kustamar, MT, Rabu (31/07). Rektor undang berkunjung oleh Ir. Bambang Irianto, penggagas Kampung 3G usai pertemuan mereka di kegiatan susur sungai pada hari Minggu 28 Juli yang lalu.

Kelanjutan Jejaring G3 dan Rencana Konservasi Air ITN Malang

Pertemuan antara perwakilan ITN Malang dan Kampung 3G. (Foto: Agnes Ayudyaningtyas for itnmalangnews.id )


Dua pihak saling menunjukkan ketertarikan satu sama lain. Kampung 3G (RW 05 dan 18) mengharapkan ITN Malang bisa membantu meringankan gangguan banjir di kawasan tersebut. Di pihak lain, ITN Malang membutuhkan laboratorium skala lapangan dimana dosen dapat melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Mahasiswa pun bisa membantu mengamati dan jika memungkinkan ikut meneliti.

Lurah Purwantoro minta bantuan desain mengurangi banjir, nanti kita kirim dosen ke sana. Kami juga siap mem-back up materi presentasi Pak Bambang agar semakin kuat sesuai kaidah ilmiah. Kami hendak membangun MoU dimana detail kesepakatan sedang dirumuskan,” ujar Kustamar.

Kampung 3G sendiri sudah dikenal hingga tingkat dunia. Di dalam negeri, Bambang juga menerima anugerah Kalpataru. Saat ini di 3G sedang membuat biopori jumbo dan ada rencana menambah sumur resapan. Ketika berkeliling kampung, Kustamar turut melihat dan memberi sejumlah masukan terkait sumur resapan. “Sedikit banyak saya juga tahu karena dulu pernah membuat sumur resapan cantik di Bumiaji,” ungkapnya.

Baca juga: Susur Sungai, Rektor ITN Malang Lihat Potensi Sungai Amrong Rolak

Baca juga: Di ITN Malang, Inisiator Kampung Glintung Go Green (3G) Cerita Bangun Kampung

Kendati dalam rencana kerja sama yang disiapkan tersirat G3 akan menjadi laboratorium lapangan ITN Malang, namun bagi Kustamar, ITN Malang tidak boleh stuck di sana. Upaya konservasi air tidak berhenti di Glintung sebab ITN Malang juga merencanakan untuk membuat sumur resapan di kampus. Rencana ini masih perlu dikaji dan dipersiapkan dengan mempertimbangan berbagai faktor. (ata)   

Link : www.itn.ac.id

(Visited 95 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *