ITN Malang Siapkan Mahasiswa Hadapi ASEAN Economic Community

ITN MALANG NEWS – Insinyur sipil ITN Malang harus siap bersaing dengan insinyur sipil dari luar negeri. Pasalnya mahasiswa hadapi Asean Economic Community. Hal itu yang menjadi poin penting bagi peserta kuliah tamu  yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ITN Malang. Pasalnya, Indonesia akan menghadapi ASEAN Economic Community yang mana membuka peluang insinyur-insinyur asing untuk berkarir di tanah air. Hal tersebut menuntut insinyur dalam negeri harus siap dan kreatif serta mempunyai inovasi yang tinggi.

“UU No. 11/2014 tentang keinsinyuran diharapkan menjadi salah satu langkah efektif untuk meningkatkan daya saing sarjana teknik di dunia kerja,” ujar Ir.Ali Yusa, pemateri kuliah tamu kepada itnmalangnews.id.

UU tentang keinsinyuran lanjutnya, pastinya akan mendukung peningkatan kompetensi sarjana teknik Indonesia untuk terjun sebagai insinyur yang profesional untuk masyarakat. Pada tahun ini, seluruh sarjana teknik diwajibkan mengikuti sekolah kompetensi profesi guna mendapatkan gelar ‘Ir’ setelah menjadi sarjana teknik.

Dari informasi yang didapat itnmalangnews.id bahwa, undang-undang tentang keinsinyuran ini juga memiliki tujuan untuk melindungi masyarakat dan lingkungan. Insinyur dituntut dapat merekayasa produk yang meningkatkan produktivitas masyarakat dengan tetap memperhatikan keselamatan masyarakat dan ketahanan lingkungan. Dalam kuliah tamu yang digelar kemarin, ITN Malang serius dalam mempersiapkan mahasiswa hadapi Asean Economic Community.

“Kesalahan-kesalahan teknis seperti yang menyebabkan kerusakan jembatan di Kutai, Kalimantan Timur diharapkan tidak akan terulang kembali. Menurut Ali Yusa Dirjen Dikti, nantinya juga akan ada peningkatan standar keselamatan dan keamanan dalam menjalankan tugas sebagai insinyur,” jelasnya kepada itnmalangnews.id.(ori)

 

(Visited 212 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *