ITN Malang Kenalkan Dua Model Las Ke Siswa SMK Brantas

itnmalangnews.id – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengenalkan dua model pengelasan pada sesi kunjungan siswa SMK Brantas Malang. Acara kunjungan yang langsung diselenggarakan di Laboratorium Teknik Mesin tersebut dipandu oleh Zam Zam Teguh Harto, salah satu laboran Teknik Mesin.

ITN Malang Kenalkan Dua Model Las Ke Siswa SMK BrantasMenurut pria yang akrab disap Zam Zam tersebut ada dua model pengelasan yang sejauh ini diberikan oleh ITN Malang pada para mahasiswanya, yaitu las listrik dan asitilin. Las listrik menggunakan listrik sementara las asitilin menggunakan oksigen dan karbit (kalsium karbida). Dari dua model ngelas yang lebih umum dipake saat ini adalah las listrik. “Meski las listrik lebih sering digunakan, tetapi kami tetap melangkapi pengetahuan mahasiswa dengan las asitilin,” terang pria yang juga alumni ITN Malang tersebut.

Pria asli Malang itu, menambahkan bahwa memang las listrik secara biaya lebih murah. Karena tidak repot menyediakan tabung oksigen dan keperluan lainnya. “Las listrik jelas lebih murah, dan lebih mudah saat proses pengaplikasiannya,” kata dia.

Selain tentang pengelasan, para siswa jurusan mesin tersebut juga mendapat penjelasan tentang proses pengecoran pembuatan cetakan. Juga dikenalkan pada mesin bubut yang merupakan hal penting dalam teknik mesin. (her)

(Visited 232 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *