HMS Hadirkan Pakar KJI pada Civil Gathering 2018

itnmalangnews.id – Acara Civil Gathering yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang kali ini menghadirkan pakar Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI), Dr. Nawir Rasidi, ST.,MT., dari Politeknik Negeri Malang (Polinema), Kamis (8/11).

HMS-Hadirkan-Pakar-KJI-pada-Acara-Civil-Gathering-2018

Selaku nara sumber, Nawir menjelaskan, tujuan dari penyampaian materi tesebut untuk membuka wawasan mahasiswa Teknik Sipil tentang tata cara perencanaan jembatan berikut implementasinya. KJI sendiri merupakan kompetisi tahunan yang dilaksanakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Pendididkan Tinggi (Ristekdikti) dengan peserta mahasiswa Teknik Sipil dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

“Negara kita adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sungai, selat, danau, dan pegunungan. Tentu, untuk memperlancar akses komunikasi sosial dan transaksi ekonomi, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu hal yang sangat vital dan dibutuhkan,” papar Nawir.

Baca juga: Mahasiswa Teknik Sipil ITN Malang Belajar Program Plaxis dari Pakarnya

Baca juga: Studio Skripsi Teknik Sipil, Fasilitasi Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

Lebih jauh Nawir menerangkan, pengembangan keilmuan dalam hal konstruksi mutlak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, mahasiswa Teknik Sipil dapat mengambil peran sebagai penghubung bagi masyarakat untuk menerapkan bidang keilmuannya. Mereka dapat memulai dengan melakukan pendalaman disiplin ilmu konstruksi, salah satunya mengikuti kegiatan KJI.

“Dalam lomba KJI mereka akan diuji sejauh mana kematangan desainnya, kecakapan presentasi dan hasil konstruksinya. Untuk kriteria penilaiannya dilihat dari aspek ketelitian dan logika perancangan, rancangan konstruksi jembatan baik beban maksimum maupun lendutan teoritis, metode konstruksi, dan metode perawatan serta tata cara perbaikan jembatan apabila terjadi kerusakan,” ujar dosen Teknik Sipil Polinema ini. (mus)

(Visited 135 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *